Baik Sangka kepada Allah sebagai Bukti Cinta Hamba (Part 2)

๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl : Senin, 22 November 2021
18 Rabi’ul Akhir 1443 H
No. : 2242/AM/KOM/XI/2021
Materi : Tasqif
Pemateri : Wahyu Rinaldi

Tujuan : KUTUBer & Umum

๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ

๐Ÿ“š Baik Sangka kepada Allah sebagai Bukti Cinta Hamba (Part 2)

Oleh karena itu, orang yang diberi karunia mampu menata hati, berbaik sangka kepada Allah subhanahu wa taโ€™ala atas setiap ketentuan-ketentuan-Nya, mendapatkan apresiasi besar di akhirat nanti. Kenapa sebab, karena berbaik sangka kepada Allah (husnuzhzhan billah) merupakan satu bukti cinta kita sebagai hamba kepada Tuhan alam semesta.

Imam al-Hafidz Abu Bakr Abdullah bin Muhammad bin Ubaid al-Qurasyi atau yang akrab disapa Ibnu Abi ad-Dunya-lahir di kota Baghdad pada tahun 208 H, sekitar empat tahun sepeninggal seorang imam besar, sang pembaharu agama, imam Muhammad bin Idris as-Syafiโ€™i. Dalam salah sebuah karyanya Husnudzan Billah (halaman 3 pada hadist keenam) ia menulis riwayat Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullah shallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุญูุณู’ู†ูŽ ุงู„ุธู‘ูŽู†ู‘ู ุจูุงู„ู„ู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูุณู’ู†ู ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูŽุฉู

Artinya, โ€œSungguh, berbaik sangka kepada Allah merupakan ibadah terbaik yang dipersembahkan sang hamba kepada Tuhannya.โ€

Saya senang sekali membaca hadist ini, selain karena menjanjikan apresiasi besar, juga secara tidak langsung mendukung pemikiran saya bahwa berbaik sangka kepada Tuhan termasuk bukti cinta kita kepada-Nya.

Bukankah dengan ibadah sejatinya kita sedang mempersembahkan cinta kepada Allah? Ya, tentu begitu. Semakin yakin akan hal itu, ketika saya membaca statement Dr. Iyad Abdul Hafidz Qunaibi, seorang doktor bidang Farmokologi Molekuler-satu ilmu yang mempelajari bagaimana suatu bahan kimia atau obat berinteraksi dengan sistem biologis, terutama mempelajari aksi obat dalam tubuh-, dalam bukunya yang berjudul Husnuzhzhan Billah (halaman 25, cetakan kedelapan yang diterbitkan tahun 2018) ia mengatakan:

ููŽุฑูŽุจู‘ูู†ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽู†ูŽุง ู„ูู†ูŽุนู’ุจูุฏูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูŽุฉู ู…ูŽุญูŽุจู‘ูŽุฉูŒ ูˆูŽุชูŽุนู’ุธููŠู’ู…ูŒ ูˆูŽุทูŽุงุนูŽุฉูŒ

Artinya, โ€œTujuan Tuhan menciptakan kita semua, tiada lain kecuali untuk beribadah kepada-Nya. Sementara ibadah itu sendiri adalah bentuk cinta, pengagungan, dan ketundukan kita kepada sang pencipta.โ€

Statement ini membuat saya yakin 100 persen bahwa apa yang saya gelisahkan selama ini terjawab dengan benar. Mengingat, berbaik sangka kepada Allah merupakan bagian dari ibadah, dan ibadah sendiri diartikan sebagai bentuk cinta sang hamba kepada penciptanya. Jelas bukan, bahwa husnuzhzhan billah adalah bukti cinta pada sang luhur.

Kendatipun sebenarnya, sekadar untuk membuktikan bahwa husnuzhzhan billah sebagai bukti cinta, cukup menggunakan logika akal sehat. Yaitu, bahwa Tuhan yang telah menciptakan kita dengan penuh cinta dan kasih-sayang tidak mungkin membalasnya dengan kebencian.

Lalu, bagaimana mungkin sang pencinta, atas nama cintanya, tega berprasangka buruk terhadap yang ia cintai, menduganya tidak adil, dan mendustai janji? Bukankah Dia mustahil lalim kepada hamba-Nya? Bukankah Dia zat teradil yang pernah ada? Dan, bukankah Dia sang penepat janji terbaik?

Tepat rasanya kali ini mengutip diksi Al-Qurโ€™an dalam penggalan Surat An-Nisaโ€™ ayat 122, Allah berfirman:

ูˆูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุญูŽู‚ู‘ู‹ุง ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุตู’ุฏูŽู‚ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู‚ููŠู’ู„ู‹ุง

โ€œJanji Allah itu benar. Siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah?โ€ (QS. An-Nisa : 122).

Wallahu A’lam Bisshowab

Sumber: https://nu.or.id/tasawuf-dan-akhlak/baik-sangka-kepada-allah-sebagai-bukti-cinta-hamba-Sy2TX

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ

=============================
๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•
๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>