Basmalah dikeraskan atau dipelankan?

๐Ÿ““๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Jumat, 4 September 2020
17 Muharam 1442 H
No. : 1876/AM/KOM/IX/2020
Materi : Akhlaq
Pemateri. : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–

๐Ÿ“š Basmalah dikeraskan atau dipelankan?

Dalil-dalil kelompok ini:

โ—พHadits Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ููŽุฌูŽู‡ูŽุฑูŽ ูููŠ ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุชูู‡ู ุจูุงู„ู’ุจูŽุณู’ู…ูŽู„ูŽุฉูุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ููŽุฑูŽุบูŽ: ุฅูู†ู‘ููŠ ู„ูŽุฃูŽุดู’ุจูŽู‡ููƒูู…ู’ ุตูŽู„ูŽุงุฉู‹ ุจูุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ.

Dari Abu Hurairah bahwa dia shalat mengeraskan dalam membaca basmalah. Dia pun berkata setelah selesai shalat: “Saya tunjukkan kepada kalian shalat yang serupa dengan shalatnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.” (HR. Ibnu Hibban No. 450, Ibnu Khuzaimah N. 499. Imam Ibnu Katsir mengatakan: “Dishahihkan oleh Ad Daruquthni, Al Khathib, Al Baihaqi, dan selain mereka.” Tafsir Ibnu Katsir, 1/117)

โ—พHadits Anad bin Malik Radhiyallahu’ Anhu

ูƒุงู†ูŽุชู’ ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุชูู‡ู ู…ูŽุฏู‘ู‹ุงุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ูุŒ ูŠูŽู…ูุฏู‘ู ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽูŠูŽู…ูุฏู‘ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ูุŒ ูˆูŽูŠูŽู…ูุฏู‘ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู

Bacaan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam itu panjang, lalu Beliau membaca Bismillahirrahmanirrahim, memanjangkan bismillah, memanjangkan ar rahmaan, dan memanjangkan ar rahiim. (HR. Bukhari No. 5046)

Anas bin Malik juga berkata:

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุนูŽุงูˆููŠูŽุฉูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉูุŒ ููŽุชูŽุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู’ุจูŽุณู’ู…ูŽู„ูŽุฉูŽุŒ ููŽุฃูŽู†ู’ูƒูŽุฑูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ู…ูŽู†ู’ ุญูŽุถูŽุฑูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูู‡ูŽุงุฌูุฑููŠู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู‘ูŽุฉูŽ ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠูŽุฉูŽ ุจูŽุณู’ู…ูŽู„ูŽ

Bahwa Muawiyah shalat di Madinah, dia tidak membaca basmalah, lalu hal itu diingkari oleh para jamaah yang hadir dari kalangan Muhajirin, saat dia shalat lagi yang kedua, dia membaca basmalah. (HR. Asy Syafi’i dalam Musnadnya, Al Hakim dalam al Mustadrak, 1/233)

โ—พHadits Ummu Salamah Radhiyallahu ‘Anha

ุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆุณู„ู… ูŠู‚ุทุน ู‚ุฑุงุกุชู‡: ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู. ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ. ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู. ู…ูŽุงู„ููƒู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฏู‘ููŠู†ู. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽุงุฑูŽู‚ูุทู’ู†ููŠู‘ู: ุฅูุณู’ู†ูŽุงุฏูู‡ู ุตูŽุญููŠุญูŒ

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membaca secara terputus: Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil’ alamin. Arrahmanirrahim. Malikiyaumiddin. (HR. Ahmad, 6/302, Abu Daud no. 1466, Al Hakim 2/131. Di shahihkan oleh Ibnu Khuzaimah. Ad Daruquthni berkata: Shahih. Tafsir Ibnu Katsir, 1/118)

Imam Ibnu Katsir sendiri mendukung pendapat ini, Beliau berkata:

ูˆูŽูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุขุซูŽุงุฑู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุฃูŽูˆู’ุฑูŽุฏู’ู†ูŽุงู‡ูŽุง ูƒูููŽุงูŠูŽุฉูŒ ูˆูŽู…ูŽู‚ู’ู†ูŽุนูŒ ูููŠ ุงู„ูุงุญู’ุชูุฌูŽุงุฌู

Berbagai hadits dan atsar yang telah kami sampaikan begitu mencukupi dan memuaskan sebagai hujjah. (Tafsir Ibnu Katsir, 1/118)

โ—พTidak membaca bismillah baik secara keras atau pelan

Ini pendapat Imam Malik, alasannya karena menurutnya Bismillahirrahmanirrahim bukanlah bagian dari Alfatihah.

Imam Ibnu Katsir mengatakan:

ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ู…ูŽุงู„ููƒู: ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ุงู„ู’ุจูŽุณู’ู…ูŽู„ูŽุฉูŽ ุจูุงู„ู’ูƒูู„ู‘ููŠู‘ูŽุฉูุŒ ู„ูŽุง ุฌูŽู‡ู’ุฑู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ุณูุฑู‘ู‹ุง

Menurut Imam Malik bahwa secara keseluruhan basmalah itu tidak dibaca baik secara keras atau pelan. (Ibid)

Alasan-alasan kelompok ini sama dengan kelompok pertama. Bagi mereka hadits-hadits yang dijadikan hujjah oleh kelompok pertama, baik dari Anas, Aisyah, dan Abdullah bin Mughaffal, maknanya adalah tidak membaca basmalah, bukan sekedar melirihkan/memelankan suara saat membacanya. Inilah ta’wil golongan ini.

Syaikh Abdul Aziz ar Rajihi mengatakan:

ุนุฏู… ู‚ุฑุงุกุชู‡ุง ุจุงู„ูƒู„ูŠุฉ ู„ุง ุฌู‡ุฑุงู‹ ูˆู„ุง ุณุฑุงู‹ุŒ ูˆู‡ุฐุง ู‡ูˆ ู‚ูˆู„ ู…ุงู„ูƒุŒ ูˆู‡ูˆ ุฃุถุนู ุงู„ุฃู‚ูˆุงู„.

Tidak membaca basmalah sama sekali disemua shalat baik secara keras atau lirih, adalah pendapat Imam Malik, dan ini adalah pendapat paling lemah. (Syarh Tafsir Ibnu Katsir, 7/6)

Demikianlah peta perbedaan pendapat ulama dalam masalah ini dan masing-masing dalil-dalil mereka.

Jadi, jika ada seseorang atau imam shalat yang mengeraskan bacaan basmalahnya, maka dia telah menjalankan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sunnah para sahabat, para tabi’in, dan sebagian imam madzhab.

Begitu pun jika ada yang membacanya secara pelan maka dia pun telah menjalankan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sunnah para sahabat, tabi’in, dan para imam madzhab.

Ada penjelasan bagus dari Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah:

ูˆุงู„ุฅูู†ุตุงู ุงู„ุฐูŠ ูŠุฑุชุถูŠู‡ ุงู„ุนุงู„ู… ุงู„ู…ู†ุตูุŒ ุฃู†ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฌู‡ุฑุŒ ูˆุฃุณุฑุŒ ูˆู‚ู†ุชุŒ ูˆุชุฑูƒุŒ ูˆูƒุงู† ุฅุณุฑุงุฑูู‡ ุฃูƒุซูŽุฑ ู…ู† ุฌู‡ุฑู‡ุŒ ูˆุชุฑูƒู‡ ุงู„ู‚ู†ูˆุชูŽ ุฃูƒุซุฑ ู…ู† ูุนู„ู‡

Pendapat yang bijak yang diridhai oleh para ulama yang objektif adalah bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam pernah membaca baamalah secara keras, pernah pelan, pernah berqunut, dan pernah meninggalkannya. Hanya saja memelankannya lebih sering dibanding mengeraskannya, dan meninggalkan qunut lebih sering dibanding melakukannya.โ€(Imam Ibnul Qayyim, Zaadul Maโ€™ad, 1/272)

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid memberikan nasihat:

ููŠุฌูˆุฒ ู„ูƒ ุงู„ุฌู‡ุฑ ุจุงู„ุจุณู…ู„ุฉ ู„ุฃูˆู„ุฆูƒ ุงู„ู‚ูˆู… ุฅู…ุง ุฏุงุฆู…ุง ุŒ ุฃูˆ ุฃุญูŠุงู†ุงู‹ ุ› ู„ุชุญู‚ูŠู‚ ู…ุตู„ุญุฉ ูƒุจุฑู‰ ูˆู‡ูŠ ุงุฆุชู„ุงูู‡ู… ูˆุงุฌุชู…ุงุนู‡ู… ูˆูˆุญุฏุฉ ูƒู„ู…ุชู‡ู…

Maka boleh bagi anda mengeraskan basmalah untuk kaum yang melakukannya, baik secara rutin atau kadang-kadang, untuk merealisasikan maslahat besar yaitu menjaga ikatan hati, perkumpulan, dan persatuan, di antara mereka. (Al Islam Su’aal wa Jawaab No. 175551)

Demikian. Wallahu a’lam

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ

=============================
๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•
๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)
๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>