Belajar Kesetiaan, Kesabaran, Kebaikan, dan Kejujuran Dari Kisah Istri Nabi Ayyub as (1)

πŸ“•πŸ“—πŸ“˜πŸ“™πŸ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Rabu, 20 Januari 2021
08 Jumadil Akhir 1442 H
No. : 1996/AM/KOM/I/2021
Pemateri : Ustadzah Ida Faridah
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»

πŸ“š Belajar Kesetiaan, Kesabaran, Kebaikan, dan Kejujuran Dari Kisah Istri Nabi Ayyub as (1)

  1. Laya dan Kehidupan Yang Makmur

Ayyub as adalah salah seorang nabi yang kaya seperti disebutkan di sebagian sumber rujukan. Laya istri Ayyub, hidup dalam kenikmatan, taman-taman, dan mata air. Itu terjadi di daerah Syam.

Laya beriman kepada Ayyub as dan dakwah beliau. Patut disebutkan bahwa hanya ada tiga orang yang beriman kepada dakwah Ayyub as. (Tarikhu Ath-Thabari 1/195 dan Tafsir Al-Qurthubi 15/208)

Adapun tentang tempat tinggal Ayyub as, Ibnu Asakir menyebutkan bahwa Ayyub as bertempat tinggal di syam dan daerahnya adalah terkenal di daerah bernama Al-Batsaniyah di Damaskus dekat dengan Nawa, daerah di Hauran. Masjid Ayyub, tempat pemandian beliau, dan tempat penumbukan biji miliknya di desa tersebut sangat dikenal. (Mukhtasharu Tarikhi Dimasyqi 5/105 dengan sedikit ringkasan)

√ Para ulama tafsir dan sejarawan berkata yang ringkasan adalah sebagai berikut:

“Ayyub as adalah orang kaya. Allah memberi beliau kekayaan yang banyak sekali dan menganugerahkan kepadanya seluruh jenis kenikmatan, yang paling pokok ialah tanah yang luas dan subur. sumber-sumber menyebutkan bahwa Al-Batsaniyah tanah datar dan gunungnya semua milik beliau. Beliau mempunyai kuda-kuda pilihan yang mencengangkan mata. Beliau juga mempunyai banyak sekali unta, spai, kambing, dan seluruh hewan ternak. Para sejarawan menyebutkan bahwa Ayyub as mempunyai seribu ekor kambing. Silahkan bayangkan sendiri berapa buruh yang bekerja mengolah sawah dan mengembala hewan ternak tersebut.”

Ayyub as adalah orang baik, bertakwa, penyayang, berbuat baik kepada orang-orang miskin, menanggung anak-anak yatim dan para janda, memuliakan para tamu, memberi bekal kepada para musafir, merasakan seluruh nikmat Allah padanya, dan melaksanakan hak Allah Azza wa Jalla.

Ayyub as juga mempunyai banyak sekali anak-anak dan keluarga. Istri beliau, Laya, berada dalam kenikmatan seperti itu, bersyukur kepada Allah, beribadah kepada-Nya, dan mengetahui hak-hak-Nya pad hamba. Laya banyak memuji Allah, bersyukur, dan menyanjung Allah Ta’ala, karena Allah memberinya anak laki-laki dan perempuan yang menyenangkan hati dan mata tidak sedih karena memandang mereka, karena Allah memberi suaminya kekayaan yang banyak, dan melebihkan beliau di atas seluruh makhluk-Nya.

Laya paham betul bahwa rahasia awetnya sebuah nikmat ialah mensyukurinya. Oleh karena itu, ia selalu berdzikir, memuji Allah, menunaikan hak kepada pemiliknya, membantu hamba-hamba Allah, dan berbuat baik kepada mereka. Dalam semua hal tersebut, Laya bersinar dengan sinar suaminya, Ayyub as.

Kendati itu semua, Laya juga tunduk kepada ujian Rabbani yang diberikan Allah Ta’ala kepadanya dan kepada suaminya, Ayyub. Laya sukses dalam ujian tersebut berkat pertolongan Allah dan ia bisa membuktikan kejujurannya terhadap Allah dan kesetiaannya kepada suaminya yang disanjung Tuhannya dengan sanjungan terindah dan memberinya sifat sabar yang menjadikan pemiliknya termasuk orang-orang yang masuk surga tanpa dihisab sebagai balasan yang pas dari Allah yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang sabar.

πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»

πŸ‘³πŸ»Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

πŸ“² Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
β•βπŸ’°SEDEKAH KUTUBπŸ’°β ═

πŸ’° Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

πŸ’³ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

πŸ“±Konfirmasi
: https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>