Dahsyatnya Wirid Al-Qur’ani

๐Ÿ„๐ŸMUHASABAH CINTA๐Ÿ๐Ÿ„

Hari/Tgl : Jum’at, 20 November 2020
04 Rabi’ul Akhir 1442 H
No. : 1470/MC/KOM/XI/2020
Materi : Muhasabah Cinta
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========โ˜†โ˜†โ˜†โ˜†===========
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚

๐Ÿƒ Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

๐Ÿ”ฐ Dahsyatnya Wirid Al-Qur’ani

โ—†โ—‡ Al-Qur’an antara lain merupakan jalan utama bagi seorang hamba untuk taqarrub Ilallah dekat dengan Allah, dengan membaca, menghayati dan mengamalkannya.

โ—†โ—‡ Nabi ๏ทบ bersabda, โ€œSesungguhnya Al-Qur’an ini adalah hidangan dari Allah. Karena itu terimalah dia dengan segenap kekuatan dan kemampuanmu. Sesungguhnya Al-Qur’an ini cahaya yang terang benderang dari Allah ; obat penyembuh yang sangat manjur, penangkal bagi orang yang berpegang dengannya, penyelamat bagi orang yang mengikutinya, tidak ada pembengkokan yaang tidak diluruskannya, tidak habis-habisnya keajaiban yang mengagumkan diperlihatkannya, tidak akan hilang keagungan dan kemanisannya sekalipun dia dibaca berulang-ulang. Bacalah dia, niscaya Allah memberi pahala atas bacaan kamu, untuk setiap huruf sama dengan sepuluh kebajikan. Ketahuilah, Aliflaammimm bukan satu huruf, tetapi terdiri dari Alif, Laam dan Mim.โ€œ (HR. Al Hakim).

โ—†โ—‡ Rasulullah ๏ทบ berpesan kepada Abu Dzar Al Ghifari RA, โ€œHendaklah kamu senantiasa membaca Al-Qur’an. Karena Quran itu cahaya petunjuk bagi kamu di bumi dan simpanan untukmu di langit.โ€ (HR. Ibnu Hibban dalam hadis yang panjang).

โ—†โ—‡ Dari Aisyah RA, katanya, Rasulullah ๏ทบ bersabda โ€œOrang yang ahli (sangat pandai) tentang ilmu Al-Qur’an, dia senantiasa ditemani para malaikat yang patuh setia. Dan siapa membaca dan mengulang-ulang kalimat-kalimat yang sulit baginya, maka dia mendapat dua pahala.โ€œ (HR. Bukhari-Muslim).

โ—†โ—‡ Karena itu Rasul ๏ทบ terus menerus mendorong umatnya agar senantiasa berpikir dan bertindak sesuai dengan ajaran Al-Qur’an. Beliau membedakan kedudukan mereka dengan Al-Qur’an sebagai tolok ukur.

โ—†โ—‡ Beliau berpesan terhadap orang-orang yang lemah tentang ilmu Al-Qur’an agar bersungguh-sungguh mendengar dan memahaminya, supaya barakah hubungan kejiwaannya dengan Kitabullah (Al-Qur’an) yang mulia itu tidak putus.

โ—†โ—‡ Dari Abu Hurairah ra Rasul ๏ทบ bersabda, โ€œSiapa saja yaang mendengar satu ayat dari Kitabullah (Al-Qur’an), dituliskan baginya kebajikan berlipat ganda dan, dan siapa membacanya niscaya dia berolah cahaya di hari kiamatโ€œ. (HR. Ahmad).

โ—†โ—‡ โ€œOrang-orang saleh terdahulu (salafus saleh) mengetahui keutamaan Al-Qur’an dan keutamaan membacanya. Mereka menjadikannya sumber peraturan (syariat) dan undang-undang seluruh hukum mereka, menjadi penyejuk hati, menjadi wirid-wirid dalam ibadah mereka, sebagai pembuka hati, mereka merenungkan isinya dengan sanubari yang paling dalam dan mereka teguk maknanya sampai menyentuh jiwa. Maka Allah swt menganugerahi mereka menjadi pemimpin dunia, sedangkan di akhirat kelak, mereka memperoleh derajat yang tinggi. Tetapi kita, menyia-nyiakannya, karena itu kita mendapatkan apa yang kita alami sekarang, yaitu kehinaan dunia dan kedangkalan penghayatan agama.โ€

โ—†โ—‡ Karena itu Sayyid Hasan al Banna, salah seorang ulama Mesir dahulu,mengajak supaya menjadikan Al-Qur’an menjadi wirid mereka yang utama, serta menjaga urutan susunan bacaan itu setiap hari dengan teratur. Kondisi atau situasi seseorang berbeda-beda satau sama lain. Karenaa itu ukuran panjang pendek atau banyak sedikitnya suatu wirid tidak ditentukan, tergantung pada kondisi seseorang. Yang penting setiap hari jangan melewatkan waktu untuk membaca Al-Qur’an. Jangka waktu paling ideal untuk menamatkan membaca Al-Qur’an adalah satu minggu sekali.

โ—†โ—‡ Rasul ๏ทบ menyuruh Abdullah bin Amr supaya menamatkan membaca Al-Qur’an sekali dalam seminggu. Demikianlah yang dilakukan sekelompok para sahabat Rasulullah, seperti Ustman bin Affan, Zaid bin Tsabit, Ibnu Masโ€™ud dan Ubay bin Kaโ€™ab. Sayyid Ahmad Badawi ra pada waktu malam ia gunakaan untuk taat kepada Allah. Jika sudah pertengahan malam, dia membaca Al-Qur’an sampai terbit fajar. Dia berkata kapada Abdul Ali salah seorang muridnya, โ€œDua rakaat di waktu malam jauh lebih baik daripada 1.000 rekaat di waktu siang.โ€œ

โ—†โ—‡ Syaikh Ahmad Hijab bertanya kepada Imam Ahmad Badawi ra mengenai satu amalan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah saat dia kebingungan, mana yang harus didahulukan, berzikir ataukah membaca Al-Qur’an. Beliau menjawab, โ€œMembaca Al-Qur’anโ€œ. Kalimat itu diulanginya sampai tiga kali.

โ—†โ—‡ Patut kita simak wasiat Rasulullah ๏ทบ kepada Salman Al Farisi, โ€œWahai Salman, hendaknya kamu membaca Al-Qur’an karena membacanya menghapus dosa, melindungi dari neraka dan menyelamatkan dari siksa. Dituliskan bagi orang yang membaca setiap ayat Qur’an, pahala 100 syahid. Untuk setiap surat, diberi pahala Nabi dan rahmat turun kepada yang membaca Al- Qur’an. Para malaikat beristighfar baginya, surga merindukannya dan Allah meridhainya.โ€œ

โ—โ€ข Wallahuaโ€™lam

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚
==========โ˜†โ˜†โ˜†============

โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

๐Ÿ“ฒ Cinta Hafidz โ€“ No.Rek :3350010324
๐Ÿ“ฑCinta Yatim โ€“ No.Rek : 3350010325
๐Ÿ’ป Peningkatan Ekonomi Duafa โ€“ No.Rek :3350010326
๐Ÿ“ฎCinta Masjid โ€“ No.Rek 3350010327
๐Ÿ“ฆ Sosial Kemanusiaanโ€“ No.Rek : 3350010328
โ˜Ž Syiar Dakwah โ€“ No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>