Enyahkan Kejenuhan dari Hidupmu

๐Ÿ„๐ŸMUHASABAH CINTA๐Ÿ๐Ÿ„

Hari/Tgl. : Jum’at, 15 Januari 2021
02 Jumadil Akhir 1442 H
No. : 1486/MC/KOM/I/2021
Materi : Muhasabah Cinta
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========โ˜†โ˜†โ˜†โ˜†===========
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚

๐Ÿƒ Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

๐Ÿ”ฐ Enyahkan Kejenuhan dari Hidupmu

โ—†โ—‡ Orang yang hidup mengekang dengan satu gaya atau model hidup, sudah tentu akan dilanda kejenuhan. Itu terjadi, karena manusia pada dasarnya cenderung mudah jenuh. Tabiat dasar setiap manusia adalah tidak senang berada dalam satu keadaan yang sama. Dan karena itu pula, zaman, makanan, minuman, dan makhluk-makhluk ciptaan-Nya, ada malam siang, ada dataran tinggi, dataran rendah, ada putih, hitam, ada panas, dingin, dan ada manis kecut.

โ—†โ—‡ Keberagaman dan perbedaan ini sering kali disebut Allah dalam beberapa firman-Nya. Diantaraya Allah menyebutkan bahwa:

โ€ฆูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ู…ูู†ู’ ุจูุทููˆู†ูู‡ูŽุง ุดูŽุฑูŽุงุจูŒ ู…ูุฎู’ุชูŽู„ูููŒ ุฃูŽู„ู’ูˆูŽุงู†ูู‡ูโ€ฆ

“โ€ฆDari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanyaโ€ฆ” (QS. An-Nahl : 69)

โ€ฆูˆูŽุฒูŽุฑู’ุนูŒ ูˆูŽู†ูŽุฎููŠู„ูŒ ุตูู†ู’ูˆูŽุงู†ูŒ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑู ุตูู†ู’ูˆูŽุงู†ูโ€ฆ

“โ€ฆDan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabangโ€ฆ” (QS. Ar-Ra’d : 4)

โ€ฆูˆูŽุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู†ูุฏูŽุงูˆูู„ูู‡ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูˆูŽู„ููŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽโ€ฆ

“Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran).” (QS. Ali-Imran : 140)

Al-Makmun kadang kala membaca sambil duduk, sesekali dengan berdiri, dan pada saat yang lain sambil berjalan. Dan karena itu pula ia pernah berkata, “Jiwa manusia itu sungguh sering kali jenuh.”

ูฑู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู‚ููŠูŽูฐู…ู‹ุง ูˆูŽู‚ูุนููˆุฏู‹ุง ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ูฐ ุฌูู†ููˆุจูู‡ูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุชูŽููŽูƒู‘ูŽุฑููˆู†ูŽ ููู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ู ูฑู„ุณู‘ูŽู…ูŽูฐูˆูŽูฐุชู ูˆูŽูฑู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู…ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชูŽ ู‡ูŽูฐุฐูŽุง ุจูŽูฐุทูู„ู‹ุง ุณูุจู’ุญูŽูฐู†ูŽูƒูŽ ููŽู‚ูู†ูŽุง ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ูฑู„ู†ู‘ูŽุงุฑู

“(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali-Imran: 191).

โ—†โ—‡ Ayat ini mengisyaratkan bahwa dalam beribadah pun manusia akan merasa jenuh. Oleh karena itu, maka Allah pun memberikan banyak pilihan bentuk dan cara beribadah kepada-Nya. Sebagaimana kita ketahui, Allah telah menetapkan berbagai amalan hati, amalan lisan, amalan badan, dan amalan harta. Kita juga tidak hanya di wajibkan shalat, tetapi membayar zakat, menjalankan puasa, menunaikan ibadah haji dan ikut berjihad.

โ—†โ—‡ Bahkan, dalam shalat pun kita tak hanya disuruh berdiri saja, tetapi juga ruku’, berdiri, sujud, dan duduk. Semua ini mengisyaratkan bahwa siapapun yang menginginkan kepuasan, semangat yang selalu baru dan produktivitas, maka ia harus pandai membagi waktunya. Yakni, ia perlu membagi waktu kapan ia harus bekerja, merenung, dan mencari hiburan.

โ—†โ—‡ Dalam membaca pun, Anda perlu variasi; kapan Anda membaca al-Qur’an, tafsir, sirah Rasulullah, hadist, fiqih, sejarah, sastra dan ilmu pengetahuan umum. Demikian pula dalam menjalankan kegiatan rutin harian, Anda harus dapat menentukan kapan waktu beribadah, mencari hiburan, mengunjungi relasi, menerima tamu, berolahraga, dan berkreasi. Dengan begitu, niscaya jiwa Anda akan selalu merasa segar dan bergairah.

Wallahua’lam.

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚
==========โ˜†โ˜†โ˜†============
โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

๐Ÿ“ฒ Cinta Hafidz โ€“ No.Rek :3350010324
๐Ÿ“ฑCinta Yatim โ€“ No.Rek : 3350010325
๐Ÿ’ป Peningkatan Ekonomi Duafa โ€“ No.Rek :3350010326
๐Ÿ“ฎCinta Masjid โ€“ No.Rek 3350010327
๐Ÿ“ฆ Sosial Kemanusiaan โ€“ No.Rek : 3350010328
โ˜Ž Syiar Dakwah โ€“ No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>