Ganjaran Berdo’a di Penghujung Malam

๐Ÿ„๐ŸMUHASABAH CINTA๐Ÿ๐Ÿ„

Hari/Tgl. : Senin, 22 Juni 2020
30 Syawal 1441 H
No. : 1430/MC/KOM/VI/2020
Materi : Muhasabah Cinta
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========โ˜†โ˜†โ˜†โ˜†===========
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚

๐Ÿƒ Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

๐Ÿ”ฐ Ganjaran Berdo’a di Penghujung Malam

โ—†โ—‡ Andai saja setiap orang tahu tentang keutamaan dan rahasia besar yang terkandung dalam detik-detik waktu malam hari, niscaya mereka tidak akan melewatkan waktu malam hari berlalu begitu saja, tanpa melakukan berbagai macam ibadah seperti dzikir, atau berdoa di dalamnya. Lebih-lebih saat tiba waktu tengah malam atau sepertiga malam yang terakhir. Sebenarnya apa rahasia dibalik sepertiga malam terakhir yang menjadi waktu mustajab untuk berdoa itu?

โ—†โ—‡ Dari Abu Hurairah, Rasulullah ๏ทบ bersabda,  “Rabb kita tabaraka wa taโ€™ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata : ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, Aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku pasti akan Kuampuni.” (HR. Bukhari).

โ—†โ—‡ Ibnu Bathol berkata, “Waktu tersebut adalah waktu yang mulia dan terdapat dorongan beramal di waktu tersebut. Allah Taโ€™ala mengkhususkan waktu itu dengan nuzul-Nya (turunnya Allah). Allah pun memberikan keistimewaan pada waktu tersebut dengan diijabahnya doa dan diberi setiap yang diminta.” (Syarh Al-Bukhari).

โ—†โ—‡ Waktu tengah malam atau sepertiga malam yang terakhir adalah waktu yang sangat dahsyat untuk menyampaikan doa dan permintaan kepada Allah ๏ทป. Rasulullah ๏ทบ bersabda, “Seorang hamba akan terus menerus dalam kebaikan jika ia berdoa kepada Allah siang dan malam.”(HR. Ahmad dan Abu Yaโ€™la).

โ—†โ—‡ Hadits lain “Berdoalah pada tengah malam dan pada siang hari kalian sebab hanya doa yang menjadi senjata ampuh orang beriman.” (HR. Abu Yaโ€™la).

โ—†โ—‡ Berdoa di tengah malam menjadi sebab dirindukan oleh bidadari. Rasul ๏ทบ bersabda, “Andai ada seorang bidadari ditampilkan di bumi, niscaya alam sekitarnya akan terang benderang, bebau harum, dan mahkota yang di atas kepalanya lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR.Turmudzi).

โ—†โ—‡ Dalam kitab Ruhbanul Lail oleh Al-Affany tertulis riwayat berasal dari Thalhah bin Masharaf : “Aku pernah mendengar ucapan, apabila seorang bangun pada waktu malam untuk qiyamul lail akan terdengar seruan 2 malaikat : ‘Sungguh beruntung dirimu. Engkau telah menempuh jalan orang-orang yang banyak beribadah sebelummu.”

โ—†โ—‡ Para sahabat bertanya kepada Rasulullah ๏ทบ, “Doa apakah yang cepat dikabulkan?” Beliau menjawab, “Doa pada akhir malam dan setelah shalat fardhu.” (HR. Turmudzi dari Abu Umamah).

โ—†โ—‡ Rasulullah ๏ทบ bersabda, “Sesungguhnya Allah memberikan kemurahan-Nya di tengah malam, lalu Dia mengampuni kecuali dosa yang berbentuk syirik.” (HR. Ahmad).

โ—†โ—‡ Syekh Rasyid Ridha menulis antara lain, “Sujud di mihrab, istighfar menjelang fajar dan air mata berderai ketika bermunajat adalah pertanda keberuntungan bagi mukmin. Orang-orang yang suka pada keduniawian menginginkan surga (kebahagiaan) berupa uang, wanita, dan istana yang megah, sedangkan orang mukmin surganya adalah mihrabnya.”

โ—†โ—‡ Jadi waktu sepertiga malam terakhir ini menjadi waktu paling mustajab untuk berdo’a kepada Allah. Tapi justru waktu inilah yang banyak dilewatkan oleh sebagian besar kaum muslim. Waktu ini benar-benar istimewa. Dan banyak hadist Nabi ๏ทบ yang menyebut dan menganjurkan agar manusia muslim bangun pada sepertiga malam terakhir untuk berdoa.

โ—โ€ข Wallahua’lam

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚
==========โ˜†โ˜†โ˜†============

โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

๐Ÿ“ฒ Cinta Hafidz โ€“ No.Rek :3350010324
๐Ÿ“ฑCinta Yatim โ€“ No.Rek : 3350010325
๐Ÿ’ป Peningkatan Ekonomi Duafa โ€“ No.Rek :3350010326
๐Ÿ“ฎCinta Masjid โ€“ No.Rek 3350010327
๐Ÿ“ฆ Sosial Kemanusiaan โ€“ No.Rek : 3350010328
โ˜Ž Syiar Dakwah โ€“ No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>