Hadits no. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 27 Maret 2021
14 Sya’ban 1442 H
No. : 2051/AM/KOM/III/2021
Materi : Hadist
Pemateri. : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits no. 3, Rukun Islam

MATAN HADITS

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi saw. bersabd, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa ramadhan.”

Pergi haji adalah perjuangan yang cukup panjang. Oleh karena itu, dibutuhkan perbekalan yang mencukupi, khususnya perbekalan yang bisa memudahkan baginya mencapai derajat haji yang mabrur.

Berikut ini beberapa bekal bagi mereka yang hendak pergi haji.

  1. Bekal takwa

Allah SWT berpesan kepada para jamaah haji,

…وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰى  …

“…Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa…”
(QS. Al-Baqarah :197)

Ayat yang mulia ini memerintahkan adanya perbekalan yang harus dibawa oleh jamaah haji. Sebaik baik perbekalan adalah takwa.

Apa yang dimaksud dengan takwa? Takwa menurut para ulama adalah imtitsalul awamir wa ijtinabu an-nawahi (menjalankan perintah dan menjauhi larangan). Umar bin Khathab r.a mengartikan takwa adalah kehati-hatian. Secara bahasa, takwa artinya adalah takut, yaitu takut kepada Allah SWT.

Mari, renungkanlah ini. Ketika kita berada ditanah suci nanti, kita sedang memenuhi panggilan-Nya dengan mengatakan, “Labbaik Allahumma labaik…” Kita sedang bertamu di rumah-Nya. Tentu, seorang tamu harus menjaga adab dan kesopanan agar dia dihormati dan disegani oleh empunya rumah. Di sana, perbanyaklah melakukan aktivitas yang membuat tuan rumah senang dan jangan membuat-Nya murka. Mari, perbanyaklah berzikir, shalat sunnah, membaca al-Quran, dna senantiasa berbaik sangka kepada sesama jamaah haji. Hindarilah kata-kata kotor, tidak puas, malas ibadah dan terlalu banyak tidur karena kesempatan berkunjung ke Baitullah belum tentu datang dua kali dalam seumur hidup kita.

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>