Hadits no. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 1 Mei 2021
20 Ramadhan 1442 H
No. : 2083/AM/KOM/V/2021
Materi : Hadist
Pemateri : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits no. 3, Rukun Islam

MATAN HADITS

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi saw. bersabd, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa ramadhan.”

🎋 Bagaimana haji yang sukses itu?

💡 Haji yang sukses bukan hanya sah hajinya, melainkan orang yang sudah memenuhi syarat dan rukunnya. Tidak hanya itu, tetapi kemampuan seseorang dalam menghayati nilai ibadah haji yang agung ini. Disinilah, kebanyakan manusia gagal dalam meraihnya. Mereka sudah merasa puas diri ketika pulang ke tanah air dengan gelar hajinya dan dengan pakaian kebesarannya. Namun, secara perilaku, ilmu, akhlak, kekuatan spiritual dan kesalehan sosial, mereka sama sekali tidak ada perubahan.

👉🏻 Gelarnya haji, tetapi korupsi dan mengambil harta yang bukan haknya, tidak dekat dengan rakyat kecil, fuqara (orang fakir), dan masakin (orang miskin).

👉🏻 Gelarnya haji, tetapi masih suka bermaksiat, bahkan terang-terangan (tidak ada rasa malu).

👉🏻 Gelarnya haji, tetapi jarang shalat berjamaah di masjid.

👉🏻 Gelarnya haji, tetapi sangat mudah memusuhi saudara sesama muslim.

👉🏻 Gelarnya haji, terapi jiwanya rapuh. Jika ada masalah, bukan mengadu kepada Allah SWT, melainkan kepada para dukun.

👉🏻 Gelarnya haji, tetapi tidak dekat dengan majelis ilmu, bahkan menjauhi majelis ilmu. Namun anehnya, mereka merasa sudah berilmu.

👉🏻 Gelarnya haji, tetapi tidak rendah hati, bahkan cenderung sombong terhadap sesama umat Islam.

❎ Itu semua bukanlah sifat haji yang sukses, justru itulah tanda haji yang gagal walaupun prosesi ritual hajinya adalah sah. Seluruh manasik dijalankan secara lengkap dan sempurna.

💰 Sungguh, sangat disayangkan dana yang dikorbankan, tenaga yang dikeluarkan, waktu yang diberikan, peluh yang mengucur itu semua menjadi tiada bermakna karena sikapnya sendiri yang tidak mau berubah. Dia lebih menjadikannya haji sebagai sarana unjuk gengsi dan prestise di masyarakat sehingga hatinya tetap keras, bahkan telah mati. Namun sayang dia tidak menyadarinya.

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>