Hadits no. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 22 Mei 2021
11 Syawal 1442 H
No. : 2088/AM/KOM/V/2021
Materi : Hadist
Pemateri : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits no. 3, Rukun Islam

MATAN HADITS

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi ﷺ bersabda, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa ramadhan.”

Adapun org yg sukses hajinya, dia makin tawadhu (rendah hati), makin takut kepada Allah SWT,serta makin khawatir bahwa apa yang dilakukannya belum diterima Allah SWT karen dia tahu bahwa Allah SWT hanya menerima amal orang-orang yang bertakwa, sedangkan dirinya merasa masih jauh dari takwa. Selain itu, dia dekat dengan saudaranya yang kesulitan, fuqara dan masakin. Baginya, tidak penting manusia mengetahui apa yang dilakukannya. Dia tidak mau dirinya disebut sebut kebaikannya di depan umum. Dia malu kepada Allah SWT jika ada orang yang memujinya, sedangkan dia tahu bahwa dirinya masih banyak kekurangan yang tidak diketahui orang lain.

Penampilan pun sederhana dan pandai menjaga perasaan saudaranya yang tidak seberuntung dia. Bahkan, banyak orang yang tidak mengetahui kalau dia sudah berhaji. Penampilan pun bersahaja dan sederhana, tidak ada bedanya antara dirinya dan orang orang lain yang ada disekitarnya. Dia tidak pernah membedakan pergaulan, antara kaya dan miskin, haji dan bukan haji, atau kecil dan besar karena semua adalah sahabat dan saudaranya. Dari sisi ibadah, dia juga makin baik. Masjid adalah rumahnya yang kedua. Jamaah masjid adalah kumpulan yang sangat dirindukannya. Adzan adalah suara yang paling dinantikannya. Kalimat takbir adalah ungkapan yang paling meluluhkan hatinya. Majelis taklim adalah majelis favoritnya untuk menempa diri dari noda hawa nafsu manusia, serta menggali ilmu-ilmu agama yang bermanfaat bagi dunia dan akhiratnya.

MasyaaAllah, tanpa disadarinya, bisa jadi dialah salah satu wali Allah Azza wa Jalla walaupun ada manusia yang merendahkannya. Dia menganggap itu bukan apa2 dan bukan siapa2, melecehkan kesalehannya dan mengejek kerendahhatiannya.

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>