Hadits no. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 12 Juni 2021
2 Dzulqa’dah 1442 H
No. : 2108/AM/KOM/VI/2021
Materi : Hadist
Pemateri : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits no. 3, Rukun Islam

MATAN HADITS

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi saw. bersabda, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa ramadhan.”

…وَصَوْمِ رَمَضَانَ…
“…dan puasa Ramadhan.”

Secara bahasa, Syekh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata, “Shiyam secara bahasa merupakan mashdar dari shaama yashuumu artinya adalah menahan diri. Sebagaimana firman-Nya (surat Maryam ayat 26), “makan, minum dan bersenang hatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, katakanlah, Sesungguhnya, aku telah bernadzar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih maka aku tidak akan berbicara dengan siapapun pada hari ini,” firman-Nya, shauman, yaitu menahan diri dari berbicara.

Dalilnya adalah firman-Nya, yaitu jika engkau melihat seseorang, katakanlah, “Sesungguhnya, aku telah bernadzar berpuasa untuk Tuhan yang Maha Pengasih,’ yaitu menahan dari untuk bicara (maka aku tidak akan berbicara dengan siapapun pada hari ini).

Secara syara’, menurut Syekh Sayyid Sabiq rahimahullah, makna shaum adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari, dan disertai dengan niat (berpuasa).”

Adapun Syekh Ibnu al-Utsaimin, dia menambahkan, “Adapun menurut syariat, maknanya adalah ta’abbud (peribadahan) untuk Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum dan semua hal yang membatalkan, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.”

Wajib dalam memahami definisi ini dengan mengaitkannya pada kata ta’abbud karena banyak ahli fiqih yang tidak menyebutkannya, tetapi mengatakan menahan dari ini dan itu sampai begini. Tentang shalat, mereka mengatakan, yaitu ucapan dan perbuatan yang telah diketahui. Sepatutnya, kami menambahkan kata ta’abbud sehingga shalat bukan semata-mata gerakan atau semata mata menahan diri, melainkan ia adalah ibadah.”

✓ Dari definisi Syekh Ibnu al-Utsaimin ini, ada beberapa poin penting yang bisa kita petik.

  1. Menahan diri dari perbuatan yang membatalkan.
  2. Harus disertai (diiringi) dengan niat.
  3. Bertujuan ibadah kepada Allah SWT.

Definisi Ramadhan, jamaknya adalah ramadhanaat, atau armidhah, atau ramadhanun. Dinamakan demikian karena mereka mengambil nama- nama bulan dari bahasa kuno (al-qadimah). Mereka menamakannya dengan waktu realitas yang terjadi saat itu, yang memang melelahkan, panas dan membakar (ar-ramadh), atau juga diambil dari ramadha ash-shaaimu, yaitu sangat panas rongga perutnya atau karena hal itu membakar dosa-dosa.

Imam Abu al-Hasan al-Mawardi rahimahullah mengatakan, “Bulan Ramadhan pada jaman jahiliyah dinamakan dengan kelelahan.”

Kemudian, pada zaman Islam dinamakan dengan Ramadhan yang diambil dari kata ar-ramdha’ , yaitu panas yang sangat karena ketika diwajibkan puasa bertepatan dengan keadaan yang sangat panas.

Anas bin Malik ra. telah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “Sesungguhnya, dinamakan Ramadhan karena ia memanaskan dosa-dosa, yaitu membakarnya dan menghapuskannya.”

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>