Hadits no. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 3 Juli 2021
23 Dzulqa’dah 1442 H
No. : 2129/AM/KOM/VII/2021
Materi : Hadist
Pemateri : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits no. 3, Rukun Islam

MATAN HADITS

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi Muhammad ﷺ bersabda, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa Ramadhan.

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah pernah ditanya, “Kapankah orang sakit boleh berbuka?” Dia menjawab, “jika dia tidak mampu (puasa).” Ditanyakan lagi,”semacam demam?” Dia menjawab, “sakit apa pun yang lebih berat daripada demam.”

Dialog ini menunjukkan bahwa Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah hanya mengkhususkan sakit tertentu, yaitu yang memberatkan bagi penderitanya.
Syekh Sayyid Sabiq rahimahullah berkata,”(Yang) benar adalah jika puasa dikhawatirkan membuat sakit, dia boleh berbuka sebagaimana puasa. Begitu juga bagi orang yang tidak kuat menahan lapar dan haus yang dikhawatirkan akan membuatnya celaka, dia harus berbuka. Jika dia dlm keadaan sehat dan mukim, wajib baginya mengqadha.”

Syekh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili hafizhahullah mengatakan tentang standar sakit yang boleh berbuka puasa, “sakit berat yang jika puasa beratnya makin parah atau khawatir dia celaka, atau khawatir dengan puasa akan menambah sakit, atau memperlama kesembuhan. Jika seorang puasa tidaklah mendatang mudharat baginya, seperti sakit kudis, sakit gigi, sakit jari, sakit bisul, dan yang semisalnya, ini tidak boleh berbuka.” Inilah pendapat yang lebih kuat karena Allah SWT berfirman,
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَأَنْفِقُوا خَيْرًا لِّأَنْفُسِكُمْ  ۗ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِۦ فَأُولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu….”
(QS. At-Taghabun : 16)

Jadi, selama masih ada kesanggupan, Berpuasalah. Jangan menyerah begitu saja hanya karena penyakit ringan, seperti panu, kudis, keseleo kaki, dan sejenisnya. Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan,” Adapun orang sehat yang tidak bepergian, tetapi dia mengalami kesulitan untuk berpuasa, mereka bisa memilih antara puasa atau berbuka. Jika dia mau, boleh berpuasa. Jika dia mau berbuka, berbuka saja. Kemudian, memberikan makan tiap hari (yang ditinggalkannya) kepada orang miskin. Jika dia memberikan makannya lebih banyak dari pada hari yg ditinggalkannya, itu lebih baik. Jika dia mau berpuasa, itu lbh utama dibandingkan memberi makan. Ini lah pendapat Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, mujahid, thawus, muqatil bin Hayyan, dan selain mereka dari kalangan salaf.

Ini karena Allah SWT berfirman, (surat albaqarah:184), “(yaitu), beberapa hari tertentu.Barangsiapa diantaramu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), ( wajib mengganti ) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Namun, barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika engkau mengetahui.”

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>