Hadits no. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 24 Juli 2021
15 Dzulhijah 1442 H
No. : 2145/AM/KOM/VII/2021
Materi : Hadist
Pemateri : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits no. 3, Rukun Islam

MATAN HADITS

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi Muhammad ﷺ bersabda, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa Ramadhan.

Dari Jabir bin Abdullah r.a., dia berkata yang artinya:

“Rasulullah ﷺ, keluar pada tahun fath (penaklukan) menuju Mekah pada saat Ramadhan. Beliau berpuasa hingga sampai di pinggiran daerah Ghanim. Orang-orang juga berpuasa bersamanya. Dikatakan kepadanya, “Wahai Rasulullah, tampaknya orang-orang kepayahan berpuasa.” Kemudian, beliau meminta segelas air setelah asar lalu beliau minum, dan orang-orang melihatnya. Kemudian, sebagian orang berbuka dan sebagian lain tetap berpuasa. Kemudian, disampaikan kepadanya bahwa ada orang yang masih berpuasa. Beliau bersabda, ‘mereka durhaka’.” (HR. Muslim no. 1114)

Rasulullah saw. pernah mengkritik orang yang berpuasa dalam keadaan safar dan dia kesusahan karenanya,
“Rasulullah ﷺ dalam perjalanannya. Beliau melihat seseorang yang dikerubungi oleh orang-orang. Dia tampak kehausan dan kepanasan. Rasulullah bertanya, ‘Mengapa dia?’ Mereka menjawab, ‘seseorang yang berpuasa. ‘Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Tidak ada kebaikan kalian berpuasa dalam keadaan safar’.” (HR. Muslim no.1115).

Jika diperhatikan berbagai dalil ini, dianjurkan tidak berpuasa ketika dalam safar, apalagi perjalanan diperkirakan melelahkan. Oleh karena itu, para imam hadits mengumpulkan hadits-hadits ini dalam bab tentang anjuran berbuka ketika safar atau dimakruhkannya puasa ketika safar, seperti Imam at-Tirmidzi membuat pembahasan khusus “Bab Maa ja’a fi Karahiyatish Shaum dia Safar (berisikan hadits tentang makruhnya berpuasa dalam perjalanan).

Bahkan, Imam Ibnu Khuzaimah menuliskan dalam kitab shahihnya, bab tentang kabar dari Nabi ﷺ tentang penamaan berpuasa saat safar adalah durhaka, tanpa menyebut alasan penamaan mereka dengan nama ini.

Sebagian ulama menyangka bahwa berpuasa ketika safar adalah tidak boleh karena hadits ini. Namun, jika orang itu kuat dan mampu berpuasa, boleh saja dia berpuasa karena berbagai riwayat menyebutkan tentang hal ini, seperti riwayat Hamzah bin Amru al-Aslami ra.

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>