Hadits no. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 07 Agustus 2021
29 Dzulhijah 1442 H
No. : 2152/AM/KOM/VIII/2021
Materi : Hadist
Pemateri : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits no. 3, Rukun Islam

MATAN HADITS

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi Muhammad ﷺ bersabda, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa Ramadhan.

Dengan memadukan berbagai riwayat yang ada ini bisa disimpulkan bahwa anjuran dasar bagi orang yang safar adalah berbuka saja, Wallahu a’lam.

✓ Dalam konteks boleh berbuka dan boleh berpuasa bagi yang sanggup manakah yang lebih utama?

Syekh Sayyid Sabiq rahimahumullah mengatakan, “Menurut Abu Hanifah, Abu Malik dan Asy-Syafi’i, puasa lebih utama bagi yang kuat menjalankannya dan berbuka lebih utama bagi yang tidak kuat. Ahmad mengatakan, ‘Berbuka lebih utama.”

Umar bin Abdul Aziz berkata, “Yang paling utama dari keduanya adalah yang paling mudah. Barangsiapa yang lebih mudah berpuasa saat itu dan justru mengqadha setelahnya lebih berat, maka berpuasa baginya lebih utama.”

Asy-Syaukani melakukan penelitian. Dia berpendapat bahwa, “Bagi yang berat berpuasa dan membahayakannya, serta orang yang tidak mau menerima rukhshah, berbuka lebih utama. Demikian juga bagi orang yang khawatir pada dirinya ada rasa ujub dan riya jika berpuasa dalam perjalanan, berbuka lebih utama. Adapun jika puasanya sama sekali bersih dari perkara ini semua, berpuasa lebih utama.” (Fiqh as-Sunnah, 1/443 . Nall al-Authar 4/225).

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>