Hadits no. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 11 September 2021
05 Safar 1443 H
No. : 2186/AM/KOM/IX/2021
Materi : Hadist
Pemateri : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits no. 3, Rukun Islam

MATAN HADITS

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi Muhammad ﷺ bersabda, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa Ramadhan.

🥄 Ada banyak hikmah dari puasa. Puasa adalah ibadah yang unik arena itu untuk-Nya dan Dia (Allah SWT) sendiri yang langsung memberikan ganjarannya. Pada ibadah ini, kita dilatih agar jujur dan merasa diawasi Allah SWT keren yang mengetahui kita sedang berpuasa adalah diri kita sendiri dan Allah SWT. Pada ibadah lainnya, manusia (orang lain) bisa melihat dengan jelas, seperti shalat, zakat, haji dan jihad. Sementara itu, untuk ibadah puasa, bisa saja seseorang berlagak lemas dan letih. Padahal itu hanyalah sandiwara.

🥄 Puasa juga melatih diri kita untuk berempati dengan kaum fakir miskin karena rasa lapar dan dahaga yang kita rasakan adalah keseharian mereka. Akibatnya, lahirlah sikap memandang orang miskin dengan pandangan empati dan cinta, serta ujian bagi kedermawanan kita. Puasa juga sarana efektif untuk mengendalikan hawa nafsu, emosi dan berbagai keinginan syahwat dan hasrat duniawi lainnya.

🥄 Selama sebelas bulan lamanya, kita melepaskan dan menghamburkannya (nafsu syahwat). Bahkan, sebagian manusia ada yang melepaskan tanpa batas dan aturan bagaikan hewan. Pengendalian itu dilakukan demi kestabilan antara jiwa, emosi dan tubuh manusia. Masih banyak lagi pelajaran yang dapat kita ambil dari ibadah puasa.

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>