Hadits No. 3, Rukun Islam

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 14 November 2020
29 Rabiul Awal 1442 H
No. : 1940/AM/KOM/XI/2020
Materi : Hadist
Pemateri. : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Hadits No. 3, Rukun Islam

◾Matan Hadist

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi saw. bersabd, Islam dibangun atas lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa ramadhan.”

  1. Dua kalimat syahadat merupakan inti sari ajaran kandungan Islam.

Jika kita perhatikan semua kandungan ajaran Islam yang tertera dalam al-Quran dan sunnah, baik cakupan individu, keluarga, komunitas, negara atau antarnegara, ekonomi, budaya, politik, pendidikan, militer, dakwah, jihad, silahturahmi, menutup aurat, puasa, shalat, berkata baik dan benar, maupun semua jenis perbuatan baik, semua itu memiliki satu tema yang sama, yaitu ibadah dan pengabdian kepada Allah Azza wa Jalla.

Berada dimana pun dan profesi positif apapun, semua bisa bernilai ibadah di sisi Allah Azza wa Jalla. Inilah tujuan dari penciptaan jin dan manusia. Oleh karena itu, Syaikhul islam Ibnu Taimiyah rahimahullah memberikan definisi ibadah yang sangat komprehensif, “Ibadah adalah nama yang mencakup segala sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah, berupa ucapan, serta amal batin dan lahir. Oleh karena itu, shalat, zakat, puasa, haji, jujur dalam berkata, memenuhi amanah, berbakti kepada dua orang tua, silahturahmi, menepati janji, amar ma’ruf nahi mungkar, jihad melawan orang kafir dan munafik, atau berbuat baik kepada tetangga, anak yatim, orang miskin, ibnu sabil, budak dan hewan, serta doa, dzikir, membaca dan yang sepertinya, itu semua termasuk ibadah.
Demikin juga mencintai Allah dan rasul-Nya, takut kepada Allah dan kembali kepada-Nya, ikhlas dalam beragama untuk-Nya, ridha atas ketetapan-Nya, tawakal kepada-Nya, mengharap rahmat-Nya, takut atas adzab-Nya, dan yang semisal itu, semua termasuk ibadah kepada Allah SWT.”
Ibnu Taimiyah rahimahullah juga berkata, “ibadah mencakup totalitas rasa cinta di dalamnya, mencakup makna pujian didalamnya, mencakup totalitas merendahkan diri, dan mencakup makna pengagungan. Dalam ibadah, terdapat cinta kepada-Nya dan pujian kepada-Nya atas segala bentuk kebaikan. Dalam ibadah, ada kerendahan pada malam hari terhadap keagungan-Nya dan kebesaran-Nya.
Imam Ibnu Katsir rahimahullah mendefinisikan makna ibadah secara syara’, “Secara syari’at, (makna ibadah) adalah semua makna (ibaarah) tentang apa-apa yang mencakup kesempurnaan cinta, ketundukan, dan rasa takut.

Demikianlah intisari dua kalimat syahadat, laa ilaaha illallaah muhammadarrasuulullah. Implikasi kalimat ilaaha illallaah adalah ibadah hendaklah ditujukan untuk Allah Azza wa Jalla semata (al-ibadah lillaah). Tidak memperuntukkan peribadahan semata mata demi kepuasan, kekhusyu’an, ketenangan, apalagi pujian manusia. Bukan itu, melainkan menjadikan semua peribadahan untuk Allah SWT, ikhlas dan murni untuk-Nya semata, sebagai bukti kecintaan, khauf (takut), dan raja’ (harap) kepada-Nya, baik ibadah infiradi (pribadi) maupun jama’i (bersama-sama).

🍃🍃🌼🍃🍃🌼🍃🍃🌼🍃🍃🌼

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>