Hadits tentang Abu Bakar dan Bid’ah Tambahannya

Menghayati Sejarah Nabi

Hari/tgl : Kamis, 1 Juli 2021
20 Dzulqa’dah 1442 H
No. : 288/MSN/INFO/KOM/VII/2021
Materi : Sirah Nabawiyah
Sumber : Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al Buthy

Tujuan. : KUTUBer dan Umum

🌾🌾🌻🌾🌾🌻🌾🌾🌻🌾🌾

πŸ“š Hadits tentang Abu Bakar dan Bid’ah Tambahannya

β– β—‡ Telah disebutkan dalam riwayat Tirmidzi dan Abu Dawud tentang Abu Bakar yang menyerahkan seluruh hartanya kepada Rasulullah SAW, kemudian ketika ditanya Nabi Muhammad SAW, “Apa yang kamu tinggalkan untuk keluargamu? ” Ia menjawab “Aku tinggalkan untuk mereka, Allah dan RasulNya.” (HR. Tirmidzi no. 3675, Hadits Shahih)

β– β—‡ Sebagian orang membuat tambahan atas hadits tersebut bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda kepadanya, “Wahai Abu Bakar, sesungguhnya Allah telah ridha kepadamu. Apakah kamu juga ridha kepada-Nya?” Saking gembiranya, dia kemudian berdiri menari-nari dihadapan Nabi Muhammad SAW seraya berkata, “Bagaimana aku tidak akan ridha kepadaNya?”

β– β—‡ Mereka menjadikan tambahan bid’ah ini sebagai dalil dibolehkannya menari nari seraya berputar putar dalam halaqah halaqah dzikir sebagaima yang dilakukan oleh “Maulawiah” dan kelompok tashawuf lainnya. Sesungguhnya, dalil yang mereka jdikan pegangan tersebut, seperti telah kami sebutkan, adalah palsu. Tidak terdapat di dalam kumpulan hadist sahih maupun lemah bahwa Abu Bakar pernah melakukan hal tersebut di hadapan Nabi Muhammad SAW.

==========β˜†β˜†β˜†============
β•βπŸ’°SEDEKAH KUTUBπŸ’°β ═

πŸ’° Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

☎ Syiar Dakwah – No. Rek: 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

πŸ“±Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>