Hakikat Tawakal

πŸ“•πŸ“—πŸ“˜πŸ“™πŸ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Rabu, 07 Juli 2020
17 Dzulqaidah 1441 H
No. : 1822/AM/KOM/VII/2020
Pemateri : Ustadzah Ida Faridah
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»

πŸ“š Hakikat Tawakal

Pertimbangan bijaksana mengapa jalan keluar dikaitkan dengan tekanan dan kemudahan dikaitkan dengan kesulitan? Jawabnya adalah ketika tekanan dan kesulitan itu telah semakin besar dan mencapai puncaknya, dan seorang hamba sudah mulai putus asa untuk bisa keluar dari tekanan dan kesulitan itu, maka saat itulah hamba itu benar-benar bergantung sepenuhnya kepada Allah. Inilah hakikat tawakal.

Demikian juga dengan orang mukmin, jika jalan keluar itu tak kunjung tiba, dan dia telah putus asa karena setelah banyak berdoa dan merendah di hadapan-Nya namun belum juga tampak tanda-tanda akan dikabulkan, maka dia akan memaki dirinya seraya berkata, “Saya diberi melalui dirimu, maka jika dalam dirimu ada kebaikan pasti akan engkau kabulkan permintaanku.”

Cara mencela kepada diri sendiri seperti ini lebih disukai oleh Allah daripada ketaatan itu sendiri. Sebab, perasaan rendah diri seperti itu akan menghantarkan seorang hamba kepada Rabb- nya. Juga, akan memunculkan pengakuannya di hadapan Allah bahwa dia memang pantas untuk mendapatkan cobaan ini dan doanya sangat tidak pantas untuk dikabulkan. Perasaan rendah diri seperti itu kemudian akan membukakan jalan keluar dan pengabulan doa.

Ibrahim ibn Adham, si pezuhud itu mengatakan, “Kami berada dalam kehidupan yang seandainya para raja mengetahuinya, pasti mereka akan menebas kami dengan pedang mereka.”

Syaikhul Islam ibn Taimiyah juga pernah mengatakan, “Ada saat-saat di hatiku ketika mengatakan, ‘Jika penduduk surga merasakan apa yang aku rasakan, itu artinya mereka hidup dalam kebahagiaan.'”

Wallahu A’lam

πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»πŸƒπŸƒπŸŒ»

πŸ‘³πŸ»Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

πŸ“² Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
β•βπŸ’°SEDEKAH KUTUBπŸ’°β ═

πŸ’° Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

πŸ’³ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

πŸ“±Konfirmasi
: https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>