Ibu yang Memperlama Sujudnya

๐Ÿ„๐ŸMUHASABAH CINTA๐Ÿ๐Ÿ„

Hari/Tgl. : Jum’at, 12 Juni 2020
20 Syawal 1441 H
No. : 1427/MC/KOM/VI/2020
Materi : Muhasabah Cinta
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========โ˜†โ˜†โ˜†โ˜†===========
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚

๐Ÿƒ Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

๐Ÿ”ฐ Ibu yang Memperlama Sujudnya

โ—†โ—‡ Doa orang tua kepada anaknya, bagaikan doa Nabi kepada umatnya. (HR. Naโ€™im).

โ—†โ—‡ Sujud adalah sarana untuk mendekat kepada Allah ๏ทป. Sujud merupakan bentuk pengakuan akan kebesaran Allah Taโ€™ala. Sujud merupakan amalan yang menjadikan pelakunya masuk jannah (Surga).

โ—†โ—‡ Seorang janda mengantarkan anak lekaki tunggalnya masuk di satu sekolah di sebuah kota yang cukup jauh dari desanya. Setelah urusan selesai, termasuk tempat kostnya, ia pun pulang. Karena penghasilannya pas-pasan, ia tidak bisa seperti orangtua lain yang secara periodik bisa menjenguk sekalian membawakan oleh-oleh kesenangan anaknya. Walaupun berpisah dengan anaknya cukup lama, dan dalam keadaan ekonomi yang pas-pasan, sang anak selain berprestasi juga dikenal di kalangan teman-temannya memiliki akhlak yang terpuji. Bahkan, menjadi panutan mereka.

โ—†โ—‡ Kemudian, ada diantara orangtua yang menanyakan bagaimana kiat sang ibu dalam mendidik anaknya dan menunjang ekonominya, mengingat ia seorang janda yang relatif tidak mempunyai harta. Dengan lugu sang ibu berkata, โ€œMemperlama sujud, terutama ketika shalat tahajjud. Saat itu saya berdoa apa saja kepada Allah, termasuk doa untuk anak saya.โ€

โ—†โ—‡ Satu jawaban yang tepat menurut kaedah agama. Namun, bagi orang awam yang imannya masih belum mantap jawaban ini mungkin masih menjadi tanda tanya.
Terkait ini seorang ulama salaf berkata, โ€œOrangtua yang mendoakan anaknya di tengah malam laksana ia meluncurkan peluruh kendali yang super modern, kekuatannya sangat luar biasa, sasarannya tepat tak akan meleset.โ€

โ—†โ—‡ Diantara keutamaan sujud kepada Allah, seperti dilakukan oleh sang ibu di atas juga Insya Allah termasuk kita. Sujud adalah amalan yang paling disukai oleh Allah dari para hamba-Nya. Allah akan menuliskan satu kebaikan, menghapus satu keburukan, dan mengangkat satu derajat bagi orang yang bersujud.

โ—†โ—‡ Rasulullah ๏ทบ bersabda, โ€œHendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.โ€ (HR. Muslim).

โ—†โ—‡ Sebagian salaf berkata, โ€œTidak ada sebuah kebiasaan yang dilakukan seorang hamba yang lebih disukai oleh Allah setelah kecintaaanya pada perjumpaan dengan Allah (dibanding banyaknya sujud).โ€

โ—†โ—‡ Orang yang banyak bersujud kepada Allah akan menjadi dekat dengan Rasulullah ๏ทบ di surga. Rabiah bin Kaโ€™ab Al-Aslami berkata, โ€œSaya pernah bermalam bersama Rasulullah ๏ทบ lalu aku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya. Maka beliau berkata kepadaku, Mintalah kepadaku. Maka Aku berkata, Aku hanya meminta agar aku bisa menjadi teman dekatmu di Surga. Beliau bertanya lagi: Adakah permintaan yang lain? Aku menjawab, Tidak, itu saja. Maka beliau menjawab, Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud (memperbanyak shalat).โ€ (HR. Muslim).

โ—†โ—‡ Orang yang bersujud kepada Allah berada pada kondisi yang paling dekat kepada Allah. Rasulullah ๏ทบ bersabda, โ€œKeadaan seorang hamba yang paling dekat dari Rabbnya adalah ketika dia sujud, maka perbanyaklah doa.โ€ (HR. Muslim)

โ—†โ—‡ Doa yang dipanjatkan dalam keadaan bersujud lebih layak untuk dikabulkan. Rasulullah ๏ทบ bersabda, โ€œKetahuilah sesungguhnya aku dilarang untuk membaca Al-Qur’an dalam keadaan rukuk dan sujud. Adapun saat rukuโ€™ maka agungkanlah Rabb Azza wa Jalla padanya, sedangkan saat sujud maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, karena saat itu sangat layak dikabulkan untukmu.โ€ (HR. Muslim dari Ibnu Abbas r.a).

โ—†โ—‡ Sujud kepada Allah akan memasukkan hamba ke dalam Surga. Rasulullah ๏ทบ bersabda, โ€œApabila anak Adam membaca ayat sajadah (ayat yang disunnahkah sujud sesudah membacanya), lalu ia sujud, maka pergilah setan sambil menangis dan berkata, Alangkah celakanya aku! Orang ini disuruh sujud, lalu ia sujud maka baginya surga. Aku disuruh sujud, lalu aku durhaka maka bagiku neraka.โ€

โ—†โ—‡ Sujud menghilangkan kesombongan dari hati. Habib bin Abi Tsabit berkata, โ€œBarangsiapa yang meletakkan dahinya untuk Allah semata, sungguh dia telah berlepas diri dari kesombonganโ€. (Hilyat Al-Awliya)

โ—†โ—‡ Sujud merupakan amalan yang menampakkan tingginya ketundukkan seseorang kepada Allah. Saat sujud seorang hamba meletakkan anggota tubuhnya yang paling mulia, yakni kepala ke tanah untuk dihadapkan pada Allah, Rabb yang Mahatinggi.

โ—†โ—‡ Bumi menjadi saksi bagi orang yang bersujud kepada Allah ๏ทป. Al-Auzai berkata, โ€œAthaโ€™ Al-Khurasani pernah berkata kepadaku, “Tidaklah seorang hamba bersujud kepada Allah dengan satu kali sujud di suatu tempat di muka bumi kecuali pada hari kiamat kelak bumi akan bersaksi untuknya, dan bumi juga akan menangisinya pada hari kematiannya.โ€ (Shifat Ash-Shafwah).

โ—†โ—‡ Allah membanggakan orang yang bersujud kepada-Nya. Salam berkata, โ€œAku mendengar Al-Hasan bertutur, Apabila seorang hamba tertidur dalam keadaan bersujud, Allah akan membangga-banggakannya di hadapan para malaikat’. Dia berfirman, ‘Lihatlah hamba-Ku ini, dia tengah beribadah kepada-Ku dan ruhnya di sisiku, sedangkan dia dalam keadaan bersujud.โ€ (Az-Zuhud).

โ—†โ—‡ Wajah orang yang bersujud kepada Allah Taโ€™ala akan tampak putih pada hari kiamat. Dari beberapa hadis di atas terjawablah, pertanyaan yang diajukan seseorang kepada sang ibu tersebut. Insya Allah masih ada kesempatan buat ayah atau ibu untuk mengikuti jejak sang ibu di atas yaitu memperpanjang atau memperlama ketika sujud khususnya dalam shalat tahajjud di penghujung malam. Disitulah tempat curhat kepada dzat pemilik alam semesta ini.

โ—†โ—‡ Di zaman Nabi Sulaiman AS ada seorang pemuda yang hidup di dalam kubah terbuat dari batu permata di dasar Samudera. Ia meraih nikmat yang luar biasa dari Allah karena baktinya pada sang ibu. Tidak ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah dari seorang ibu yang ridha pada anaknya.

โ—โ€ข Wallahua’lam

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚
==========โ˜†โ˜†โ˜†============

โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

๐Ÿ“ฒ Cinta Hafidz โ€“ No.Rek :3350010324
๐Ÿ“ฑCinta Yatim โ€“ No.Rek : 3350010325
๐Ÿ’ป Peningkatan Ekonomi Duafa โ€“ No.Rek :3350010326
๐Ÿ“ฎCinta Masjid โ€“ No.Rek 3350010327
๐Ÿ“ฆ Sosial Kemanusiaan โ€“ No.Rek : 3350010328
โ˜Ž Syiar Dakwah โ€“ No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>