Iman Kepada Takdir Allah

๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Rabu, 20 Oktober 2021
14 Rabi’ul Awal 1443 H
No. : 2219/AM/KOM/X/2021
Pemateri : Fredy Adi Pramana, S. Pd
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= โโโโ =========
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ

๐Ÿ”ฐ Rukun Iman
๐ŸŒพ Penjelasan Rukun Iman
๐Ÿ’ก Iman Kepada Takdir Allah

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

ุงูู†ู‘ูŽุง ูƒูู„ู‘ูŽ ุดูŽูŠู’ุกู ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ู†ูฐู‡ู ุจูู‚ูŽุฏูŽุฑู

“Sungguh, Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.” (QS. Al-Qamar : 49)

Di saat senang, lapang, sehat, aman, dan serba kecukupan, sebagian manusia berbuat semena-mena, sombong, berfoya-foya, lalai, dan lupa akan ibadah kepada Allah.

Di saat susah, sempit, sakit, takut, dan serba kekurangan, sebagian manusia berputus asa, bertambah kesedihannya, marah, jengkel, dan pada akhirnya menuduh sang pencipta bahwa Ia telah menyengsarakannya.

Sikap yang tergambar dari dua keadaan yang berbeda di atas, menunjukkan begitu lemahnya iman kepada takdir Allah. Karena bila seseorang beriman kepada takdir Allah dengan benar, maka ia akan meyakini bahwa Allah adalah pencipta segala sesuatu, pengatur dan pemeliharanya, yang menentukan segala takdirnya, baik dan buruknya, manis dan pahitnya, dan Dia jualah yang menciptakan kesesatan dan hidayah, celaka dan bahagia.

Ketika senang dan lapang, seorang mukmin akan bersyukur dengan meningkatkan ibadah dan ketakwaannya kepada Allah, begitu juga dalam keadaan susah dan sempit ia akan selalu sabar, berbaik sangka kepada Allah, dan optimis dengan kemudahan yang telah Allah janjikan. Mengapa demikian?

Karena imannya kepada takdir Allah mengingatkannya bahwa:

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Allah Subhanahu wataโ€™ala mengetahui segala sesuatu yang terjadi, baik yang berkaitan dengan perbuatanNya atau yang terkait dengan perbuatan hambaNya, secara menyeluruh dan terperinci. Tiada yang luput dari pengetahuanNya.

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Allah Subhanahu wataโ€™ala telah menulis seluruh apa yang akan terjadi di lauh mahfudz (catatan seluruh takdir yang akan terjadi hingga hari akhir nanti).

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Semua yang ada dan terjadi di alam ini terwujud atas kehendak Allah dan tidak ada yang dapat menghalangi kehendakNya.

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Semua yang ada dan terjadi selain Allah adalah makhluk ciptaanNya, baik zat, sifat, dan gerak-geriknya. Allah yang menciptakan kemudahan dan kesusahan, kelapangan dan kesempitan, sehat dan sakit. Sudah tentu semua ciptaanNya tidak terlepas dari keadilan dan kebijaksanaanNya.

Keempat hal di atas adalah rukun iman kepada takdir Allah Subhanahu wataโ€™ala, bila salah satunya tidak ada, niscaya keimanannya kepada takdir Allah tidak sempurna.

Sumber :
๐Ÿ“š Serial Dasar-Dasar Islam

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ

๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi : https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening : 3180005019

๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠMengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>