Jangan Marah

💦Evaluasi & Refresh Iman KUTUBer

No. : 261/ERIK/KOM/XI/2020
Hari/Tgl : Rabu, 11 November 2020
25 Rabiul Awal 1442 H
Pemateri. : Ustadzah Ida Faridah
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========☆☆☆=========
🔋🔋💦💦🔋🔋💦💦🔋🔋

❄ Jangan Marah

Kemarahan adalah percikan api yang bersumber dari api neraka. Saat kemarahan membuncah, api didalam tungku neraka terpercik keluar. Percikan api itu menyelinap ke dalam hati manusia yang sedang dirundung amarah. Api itu bagaikan bara yang tersembunyi di balik tumpukan abu. Api itu kemudian menyeruak keluar dengan sangat besar dan membakar setiap sisi dan tempat di dalam hati. Amarah itu meluap keluar bagaikan batu api yang terpercik dari besi yang dipanaskan.

Kita meyakini bahwa sebagai manusia, kita senantiasa diikuti oleh setan yang tak pernah putus asa menggoda kita. Dan salah satu upaya yang dilakukan setan adalah memanas-manasi api amarah agar membakar hati kita. Apalagi hal ini bukanlah hal yang sulit bagi mereka karena api adalah bagian dari diri mereka, sebagaimana firman Allah swt, iblis menjawab, “Aku lebih baik darinya. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah” (QS. Al-A’raf : 12). Apalagi bila kita mengingat bahwa karakter tanah itu diam dan tenang. Sedangkan karakter api menyala-nyala, membakar, bergerak dan menghancurkan.

Suatu ketika, ada seorang datang kepada Nabi saw meminta nasehat beliau. Nasehat yang bisa menjadi pelindung dan memberikan kebaikan bagi dirinya. Orang itu berkata, “Berilah aku nasehat, wahai Rasulullah.”
Rasulullah saw pun menjawab, “Jangan marah.”
Orang itu mengulangi permintaannya, “Beri aku nasehat.”
Rasulullah saw mengulangi jawabannya, “Jangan marah.”
Orang itu kembali meminta, “Beri aku nasehat.”
Rasulullah saw pun kembali mengulang jawabannya, “Jangan marah.” (HR. Bukhari, Ahmad dan Tirmidzi)

Sedangkan dalam riwayat Imam Ahmad, orang yang mendatangi Rasulullah saw itu berkata, “Kemudian aku memikirkan jawaban yang diberikan Rasulullah saw kepadaku. Aku pun tahu bahwa ternyata amarah itu hanya berisi keburukan.”

Keburukan adalah buah dari kemarahan. Keburukan-keburukan itu di antaranya berupa dendam, dengki, iri hati, dan lain sebagainya. Semua itu jelas bisa mencelakakan manusia. Bisa dibayangkan jika hati diliputi amarah, tentu keburukan yang ditimbulkannya akan berpengaruh pula keseluruhan tubuh. Sedangkan jika hati damai dan tenang, tentunya akan memberi pengaruh yang baik pula bagi tubuh.

Perasaan dendam, dengki, iri hati dan marah adalah hal-hal yang menimbulkan kerusakan bagi semua orang. Maka, waspada dan jagalah hati dari hal-hal negatif itu. Obatilah hati bila sempat ternoda dengan keburukan. Ketahuilah akibat-akibat buruk yang bisa ditimbulkannya. Karena jika kita tidak mewaspadai hadirnya keburukan, niscaya keburukan itu akan timbul di dalam dirinya.

Wallahu A’lam

💦💦🔋🔋💦💦🔋🔋💦💦

👳🏻Konsultasi: 081254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
🌏Web : https//komunitastahajjudberantai.or.id/
💻Fanspages:https://www.facebook.com/pg/Kutub.Pusat/about/
🗳Telegram:t.me/tahajudberantai
🛄 Line :https://line.me/R/ti/p/%40tzy0902r
📧 Twitter:https://twitter.com/kutub_tahajjud
📇Email: kutub.indonesia@gmail.com
📷Instagram :https:/

/www.instagram.com/komunitastahajjudberantai/
↘Gabung kutub via Whatsapp Ketik

Nama Member #No. Group #Kormin#Daftarkan#Nama#No. WA# Domisili #L/P kirim ke SALAM KUTUB di 08119100165

———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═

💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

💰Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member KUTUB)

📱Konfirmasi : 085749376876

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

✊🏻Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>