Jilbab Tontonan Atau Tuntutan?

📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Selasa, 23 November 2021
19 Rabi’ul Akhir 1443 H
No. : 2243/AM/KOM/XI/2021
Pemateri : Bunda Lina Nazkiya
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

📚 Jilbab Tontonan Atau Tuntutan?

Tak dapat dipungkiri perkembangan jilbab dari tahun ke tahun semakin pesat, jilbab bukan lagi halangan bagi seorang muslimah untuk terus berkarya di luar di rumah. Para pekerja perempuan berjilbab baik di Instansi-instansi pemerintah maupun swasta jumlahnya terus meningkat. Perkembangan mode pakaian muslimah dengan segala trennya salah satu pemicu meningkatnya kaum perempuan berjilbab meningkat pesat. Sayangnya perkembangan jilbab ini dari tahun ke tahun cukup memprihatinkan.

Jilbab bukan lagi syariat yang dijalankan sebagaimana perintah Allah dalam Al-Qur’an, tetapi jilbab dipakai hanyalah karena mengikuti tren saat ini atau sekedar mengikuti tokoh idola saja. Akibatnya munculah jilbab seperti punuk onta, berjilbab tetapi pakaian ketat, jilbab yang dililit dan lain sebagainya sehingga hakikat pemakaian jilbab yang sesungguhnya tidak terpenuhi seperti jilbab itu harusnya menjulur sampai ke dada dan pakaian haruslah yang longgar atau tidak memperlihatkan lekuk tubuh seorang perempuan.

Jilbab merupakan salah satu perintah dalam ajaran agama Islam. Jilbab adalah kewajiban bagi setiap muslimah yang telah baligh seperti dalam firman Allah surat Al Ahzab ayat 59 yang artinya :

قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab : 59).

Lihat Al Majmu’, 3: 124. Berdasarkan sejarah jilbab dalam Islam, perintah untuk menutup aurat sendiri jauh telah ada sejak Adam dan Hawa diciptakan seperti dalam firman-Nya surat Al-Araf ayat 27 yang artinya :

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا ۗ إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ ۗ …

“Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka…” (QS. Al-A’raf : 27).

Maka dari itu, jilbab atau penutup aurat bukan hanya sebagai identitas Muslim saja, namun merupakan perintah Allah SWT pada umat manusia. Kedua agama samawi sebelumnya juga telah memerintahkan jilbab pada wanitanya. Pada masa Jahiliyah, bangsa Arab telah mengenal jilbab sebagai penutup wajah wanita. Bagi wanita yang telah beranjak dewasa, jilbab dikenakan sebagai pertanda bahwa ia siap untuk dinikahi.

Selain itu, pada masa itu hanya wanita merdeka yang boleh mengenakan jilbab. Sedangkan wanita yang merupakan budak atau gundik tidak diperkenankan untuk mengenakan jilbab. Berbeda dengan jilbab pada masa jahiliah yang membedakan antara wanita terhormat dengan wanita yang merupakan seorang budak.

Wallahu A’lam Bishawab

Bersambung…

🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

👳🏻Konsultasi : https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═

💰 Bank Muamalat Nomor rekening : 3180005019

💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>