Keajaiban Malam Menurut Al-Qur’an dan Hadits

🍄🍁MUHASABAH CINTA🍁🍄

Hari/Tgl. : Jum’at, 05 Juni 2020
12 Syawal 1441 H
No. : 1425/MC/KOM/VI/2020
Materi : Muhasabah Cinta
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========☆☆☆☆===========
🍂🍂🌼🌼🍂🍁🍂🌼🌼🍂🍂

🍃 Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

🔰 Keajaiban Malam Menurut Al-Qur’an dan Hadits

◆◇ Allah Subhanahu Wata’ala berfirman

فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ

“Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh Hikmah,” (QS. Ad-Dukhan : 4).

◆◇ Yaitu segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan makhluk, seperti hidup, mati, rezeki, nasib buruk dan sebagainya (Buku Qu’ran Tajwid Dan Terjemah Maghfirah). Bukan hanya kehidupan manusia, tapi juga menyangkut dunia flora dan fauna.

◆◇ Simak beberapa kejadian nyata disekitar kita. Diantara serangga ada yang membuat sarangnya di malam hari. Ketika siang hari, sarangnya sudah jadi dengan bentuk yang sempurna. Dua daun lebar yang jaraknya cukup jauh, bisa dipertautkan menjadi satu, lengkap dengan lem atau alat perekatnya. Padahal secara logika kejadian itu mustahil terjadi.

◆◇ Di malam hari semut-semut kecil itu bisa membuat trowongan di atas tanah yang melintasi jalan disekitar halaman rumah kita. Di malam hari dari ranting-ranting pohon mangga dan lainnya mengeluarkan kembang atau bunganya. Kita tidak pernah menyaksikan pohon-pohon itu menjulurkan kembang atau bunga dari ranting-rantingnya pada waktu siang. Tapi ketika siang hari kita sudah melihat kembang atau bunga itu sudah menjulur dari ranting-ranting berbagai macam pohon tersebut. Subhanallah, Betapa kuasanya Allah Subhanahu Wata’ala.   

◆◇ Betapa dahsyatnya waktu malam itu. Secara jumlah, Al-Qur’an memberikan perhatian lebih dengan perkataan Al Lail beserta turunannya sebanyak 92 kali. An Nahr (siang) 57 kali. As-Subh (subuh) sebanyak 45 kali. Al Fajar 24 kali. Ad-Dhuha 7 kali dan Al Ashr 5 kali. Ini menandakan bahwa waktu malam mendapat perhatian teramat khusus dari Allah Subhanahu Wata’ala. Simak pula firman Allah dalam Al Quran antara lain :

وَعِبَادُ الرَّحْمٰنِ الَّذِيْنَ يَمْشُوْنَ عَلَى الْاَرْضِ هَوْنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا●وَالَّذِيْنَ يَبِيْتُوْنَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَّقِيَامًا

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan, salam. “dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” (QS. Al-Furqan : 63-64)

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ۖ عَسٰۤى اَنْ يَّبْعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

◆◇ Terkait ini Sayyid Quthub menulis dalam tafsirnya “Mengerjakan shalat, membaca Al-Qur’an dan tahajjud yang dilakukan dengan istiqamah akan membawa seseorang mendapatkan tempat terpuji.“

◆◇ Melalui ayat Allah dalam surah Al Muzammil, misalnya Allah Subhanahu Wata’ala menginginkan adanya satu manhaj pada Nabi-Nya. Maka diserunya Nabi agar melakukan qiyamul lail dan menghabiskan waktunya dengan memperbanya shalat, munajat, dzikir dan tilawah Al-Quran.

◆◇ Malam adalah waktu yang paling cocok untuk membersihkan jiwa dan ibadah di dalamnya lebih bermakna dan lebih berkesan ketimbang saat yang lain. Apa gerangan kekuatan dahsyatnya qiyamul lail itu?

◆◇ Selain janji firman Allah dalam Al Isra’ 79, juga karena pada waktu sepertiga malam terakhir itu ada saat yang sangat mustajab untuk munajat dan memohon ampunan Allah Subhanahu Wata’ala.

◆◇ Diantara dalil mengenai keutamaan di waktu sepertiga malam : Dari Abu Hurairah , Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wassalam bersabda ”Rabb kita tabaroka waa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata “Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Ku-beri. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Ku-ampuni.” (HR.Bukhari)

◐• Wallahua’lam.

🍂🍂🌼🌼🍂🍁🍂🌼🌼🍂🍂
==========☆☆☆============

═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═

💰 Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

📲 Cinta Hafidz – No.Rek :3350010324
📱Cinta Yatim – No.Rek : 3350010325
💻 Peningkatan Ekonomi Duafa – No.Rek :3350010326
📮Cinta Masjid – No.Rek 3350010327
📦 Sosial Kemanusiaan – No.Rek : 3350010328
☎ Syiar Dakwah – No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>