Khutbah Jumat Hagia Sophia Singgung Muslim Korban Penindasan

📰 KUTUB NEWS

Hari/Tgl : Sabtu, 25 Juli 2020
4 Dzulhijjah 1441 H
No. : 269/KN/INFO/VII/2020
Tujuan : KUTUBer & Umum
===©== ❁❁==❁❁==©===

📰 Khutbah Jumat Hagia Sophia Singgung Muslim Korban Penindasan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL — Ribuan orang berkumpul untuk sholat Jumat pertama di Masjid Hagia Sophia, Turki setelah 86 tahun. Perwakilan dari banyak negara asing, terutama dari negara-negara Muslim dan Turki, turut mengikuti sholat Jumat di Hagia Sophia.

Dalam kesempatan bersejarah ini, khutbah Jumaah di Masjid Hagia Sophia disampaikan oleh Kepala Direktorat Keagamaan Turki Ali Erbas. Dalam khutbahnya Erbas mengatakan hari Jumat ini seperti 70 tahun yang lalu, mirip ketika 16 muazzin menggemakan suara takbir di sekitar 16 menara-menara Masjid Biru (Masjid Sultan Ahmed), yang tepat di seberang Masjid Hagia Sophia setelah 18 tahun.

Menurutnya, hari ini adalah hari ketika pelafalan takbir, tahlil, dan shalawat bergema lagi di bawah kubah Hagia Sophia, dan adzan dan sholat bangkit dari menara-menara masjidnya. “Hari ini adalah hari ketika orang-orang percaya berdiri untuk berdoa dalam air mata, sujud kepada ruku dalam damai, dan turun untuk sujud dalam rasa terima kasih,” katanya dilansir TRT World, Jumat (24/7).

Dalam khutbahnya Erbas berterima kasih kepada Allah SWT dengan kenikmatan yang tak ada habisnya untuk memiliki hari yang terhormat seperti ini. Berkumpul di masjid sebagai tempat paling suci di bumi, dan untuk muncul di hadapan Allah SWT di Hagia Sophia Agung.

“Suatu hari Konstantinopel akan ditaklukkan. Hebat adalah komandan yang akan menaklukkannya, dan hebatnya adalah tentaranya!” kata Erbas

Erbas menekankan penaklukan itu adalah kebangkitan, bukan penganiayaan, dan itu adalah rekonstruksi, bukan kehancuran. “Dalam peradaban kita, penaklukan merupakan pembuka pintu sebuah kota bagi Islam, perdamaian, dan keadilan,” katanya.

Dirinya menambahkan hal tersebut sudah disampaikan di Quran surat Ali Imran ayat 159 yang isinya; dan ketika kamu telah bertekad bulat, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bersandar kepada Nya.

Dalam khutbah itu, Erbas mengucapkan salam hormat untuk arsitek terkenal Mimar Sinan, yang menghiasi Hagia Sophia dengan menara, yang telah memperkuat konstruksi dan membuatnya tetap berdiri selama berabad-abad. “Salam kepada semua saudara dan saudari kita dari penjuru dunia yang menunggu Hagia Sophia dibuka kembali untuk ibadah, dan merayakan pembukaannya dengan sukacita,” kata Erbas.

Salam hormat juga ia berikan kepada orang-orang terkemuka yang telah mengusahakan hati dan jiwa, dari masa lalu hingga sekarang untuk memastikan Hagia Sophia memenuhi adzan, iqamat, khutbah, doa, pelafalan, kegiatan ilmiah, dan jamaah besar yang memiliki tempat mereka di baris.

Menurutnya masjid-masjid adalah sumber persatuan, persahabatan, persaudaraan, iman dan ketenangan dalam peradaban. Erbas menyampaikan Allah SWT menyatakan tentang mereka yang membangun dan memelihara masjid.

“Di bawah kubah Hagia Sophia, saya mengundang semua umat manusia untuk menegakkan keadilan, perdamaian, kasih sayang, dan kesetaraan. Saya mendesak Anda mempertahankan nilai-nilai universal dan prinsip-prinsip moral yang melindungi kehormatan manusia,” ucap Erbas.

Dalam khutbah bersejarah ini, Erbas, ingin melakukan panggilan ke seluruh dunia bahwa pintu Masjid Hahia Sophia terbuka untuk semua hamba Allah tanpa diskriminasi. “Wahai manusia! Pintu Masjid Hagia Sophia terbuka untuk semua hamba Allah tanpa diskriminasi sama seperti pintu Masjid Suleymaniye, Masjid Selimiye, Masjid Sultan Ahmed, dan masjid-masjid lain milik kita. Perjalanan menuju keimanan, ibadah, sejarah, dan kontemplasi dalam suasana spiritual Masjid Hagia Sophia akan berlanjut tanpa henti, Insya Allah,” katanya.

Ia berdoa agar Allah SWT senantiasa melayani Masjid Hagia Sophia dengan sepatutnya yang memiliki tempat khusus dalam sejarah yang mulia dan nilai yang luar biasa di hati. Semoga Allah SWT memberkati kita dengan kehormatan menghormati masjid seperti Hagia Sophia yang luar biasa.

Sumber: https://bit.ly/2ZVwotO

★★★★

♨️♨️🔆♨️♨️🔆♨️♨️

═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═

💰 Bank Muamalat (kode bank 147)
atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai
📲 Cinta Hafidz – No. Rek :3350010324
📱Cinta Yatim – No. Rek: 3350010325
💻 Peningkatan Ekonomi Duafa – No. Rek:3350010326
📮Cinta Masjid – No. Rek 3350010327
📦 Sosial Kemanusiaan – No. Rek : 3350010328
☎️ Syiar Dakwah – No. Rek: 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannya

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>