Larangan Menyakiti Hati Sesama Muslim

📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Rabu, 24 Juni 2020
04 Dzulqaidah 1441 H
No. : 1810/AM/KOM/VI/2020
Pemateri : Ustadzah Ida Faridah
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

📚 Larangan Menyakiti Hati Sesama Muslim

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadzah, Afwan ustadzah saya mau minta materi untuk besok”
“Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, maaf saya masih ada acara. Materi apa ya?”
“Materi buat di komunitas ustadzah”
“Lahhh, saya ngirim aja ga di respon beberapa kali, saya kira kan ga perlu lagi.Ga ada jawaban atau pun tanggapan”

Percakapan diatas adalah salah satu contoh kekecewaan seseorang yang tanpa kita sadari.

Dunia Maya yang jarang bahkan tidak pernah bertemu dengan orang yang berkomunikasi dengan kita harus pandai dalam menjaga sikap. Tanpa kita sadari sering kita menyakiti hati orang yang belum pernah kita temui, contoh kecil, kita tidak merespon atau menjawab japrian orang lain, kita hanya membaca dan setelah itu dilupakan tanpa d balas. Perlu kita sadari, orang menghubungi kita tentu telah memiliki pertimbangan, telah dipikirkan dan yang paling penting kita di anggap orang yang mampu menjawab dari semua permasalahannya.

Nabi ﷺ bersabda,

وَمَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِى حَاجَتِهِ

“Siapa yang menolong saudaranya dalam kebutuhannya, maka Allah pun akan menolongnya dalam kebutuhannya.” (HR. Bukhari no. 2442 dan Muslim no. 2580, dari Ibnu ‘Umar)

Di dalam islam menyakiti hati sesama muslim adalah perbuatan dosa. Untuk itu jangan sampai kita menumpuk dosa-dosa kecil ataupun besar dengan menyakiti hati orang lain khususnya saudara kita sesama muslim. Jangan sampai kita menjadi orang-orang yang Allah benci karena kita menyakiti hati saudara kita.

وَٱلَّذِينَ يُؤْذُونَ ٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ بِغَيْرِ مَا ٱكْتَسَبُوا۟ فَقَدِ ٱحْتَمَلُوا۟ بُهْتَٰنًا وَإِثْمًا مُّبِينًا

“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata” (QS. Al-Ahzab : 58)

Setiap muslim itu saudara bagi muslim yang lain. Dia tidak akan menzhaliminya, menghinakannya, dan tidak pula meremehkannya. Keburukan seseorang itu diukur dari sejauh mana dia meremehkan saudaranya.” (HR. Muslim dan lainnya, dari Abu Hurairah)

Alangkah mulianya ketika ada yang menghubungi kita via japri saat telat merespon kita meminta maaf dan itu pula sebagai akhlak yang baik kepada manusia. Jangan meremehkan berbuat baik sekecil apa pun walau hanya dengan senyum manis tatkala bertemu, begitu pula walau hanya membantu urusan saudara kita yang ringan.

Rasulullah ﷺ bersabda,

وَلاَ تَحْقِرَنَّ شَيْئًا مِنَ الْمَعْرُوفِ وَأَنْ تُكَلِّمَ أَخَاكَ وَأَنْتَ مُنْبَسِطٌ إِلَيْهِ وَجْهُكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنَ الْمَعْرُوفِ

“Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Al Hafizh Ibnu Hajar menyatakan bahwa hadits ini shahih)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah ketika menjelaskan penggalan hadits di atas mengatakan, “Nabi saw memerintahkan pada Jabir bin Sulaim agar tidak meremehkan kebaikan sekecil apa pun. Setiap kebaikan hendaklah dilakukan baik itu ucapan maupun perbuatan. Kebaikan apa pun jangan diremehkan. Kebaikan itu adalah bagian dari berbuat ihsan. Allah mencintai orang-orang muhsin (yang berbuat baik).

Semoga kita terhindar dari dosa-dosa kecil dan menyakiti hati orang lain.

Wallahu A’lam

🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═

💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>