Manfaat Senang Senyum

๐Ÿ„๐ŸMUHASABAH CINTA๐Ÿ๐Ÿ„

Hari/Tgl : Senin, 14 September 2020
26 Muharam 1442 H
No. : 1452/MC/KOM/IX/2020
Materi : Muhasabah Cinta
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========โ˜†โ˜†โ˜†โ˜†===========
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚

๐Ÿƒ Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

๐Ÿ”ฐ Manfaat Senang Senyum

โ—†โ—‡ Budaya senyum dapat dikatakan memang merupakan keahlian masyarakat kita. Bahkan kadang-kadang masyarakat kita pandai bersandiwara dalam hal mengubah wajah. Mana kala sepasang suami isteri tengah bertengkar hebat, lalu tiba-tiba pintu rumahnya diketuk tamu, mereka segera bisa mengubah wajah yang tegang menjadi cerah penuh senyum. Pintu dibuka, kemudian tamu disambut dengan ceria, seolah tidak pernah terjadi apa-apa.

โ—†โ—‡ Apa pun bentuknya, ternyata senyum membawa banyak manfaat. Menurut penelitian Biro Sosial Jenny Consultant di London, Inggris, 98 persen manusia yang sehat perlu memberi dan menerima senyuman. Bahkan 78 persen dari jumlah itu mengaku mereka tidak bisa hidup tanpa senyuman.

โ—†โ—‡ Senyum mampu membuat pikiran kita menjadi rileks dan terhindar dari stress. Dengan tersenyum maka kita akan disukai banyak orang, sehingga lebih mudah mempunyai banyak teman dan mendatangkan rezeki.

โ—†โ—‡ Secara medis senyuman mampu membuat seseorang bertambah sehat. Senyum lebih menyehatkan otot wajah dibandingkan cemberut. Menurut pakar kesehatan, diperlukan 43 otot untuk cemberut, sedangkan untuk tersenyum hanya diperlukan 17 otot. Pendapat lainnya mengatakan diperlukan 63 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum. Otot-otot yang dipakai untuk tersenyum mampu mengangkat wajah seseorang sehingga terlihat lebih muda dari usianya.

โ—†โ—‡ Oleh karena itu kita dianjurkan untuk lebih sering tersenyum agar bisa menjadi awet muda. Seseorang yang lebih sering tersenyum akan memancarkan aura positif dari tubuhnya. Orang yang memandangnya akan menganggapnya sebagai orang yang berkepribadian, penuh percaya diri dan terkesan sebagai orang yang sukses.

โ—†โ—‡ Dalam ajaran Islam, sebuah senyuman terhadap orang lain yang dilakukan seseorang secara ikhlas dapat bernilai sedekah. Senyum bisa membuat hati orang yang memandangnya menjadi senang. Itulah sebabnya senyum termasuk bagian dari ibadah yang paling murah dan mudah dilakukan. Namun sayangnya masih ada juga orang yang sulit untuk tersenyum.

โ—†โ—‡ Nabi Muhammad ๏ทบ menganjurkan manusia untuk selalu bersedekah setiap hari, yaitu mulai terbitnya sang surya sampai terbenamnya matahari. Salah seorang sahabat Nabi ๏ทบ yang tidak memiliki apa-apa untuk disedekahkan bertanya kepada Beliau, โ€œJika kami ingin bersedekah, namun kami tidak memiliki apa pun, lalu apa yang bisa kami sedekahkan dan bagaimana kami menyedekahkannya?โ€

โ—†โ—‡ Rasul ๏ทบ menjawab, โ€œSenyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekahโ€œ (HR.Tirmidzi dan Abu Dzar).

โ—†โ—‡ Nabi ๏ทบ dalam suatu kesempatan pernah bersabda, โ€œTersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadahโ€œ (HR.Tumudzi, Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi).

โ—†โ—‡ Aisyah ra menuturkan, โ€œRasulullah ๏ทบ adalah figur suami yang mulia dan bijak dihadapan para isteri beliau.โ€

โ—†โ—‡ Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Asyakir dari Aisyah ra mengungkapkan, โ€œAdalah Rasulullah ๏ทบ ketika bersama isteri-isterinya merupakan seorang suami yang paling luwes dan semulia- mulianya manusia yang dipenuhi dengan gelak tawa dan senyum-simpul.โ€

โ—†โ—‡ Kesaksian Imam At-Tirmidzi meriwayatkan pula bahwa, โ€œBelum pernah aku menemukan orang yang paling banyak tersenyum seperti halnya Rasulullah ๏ทบ.โ€œ

โ—†โ—‡ Filsuf Socrates pernah disodori segelas racun sebagai hukuman mati. Dengan jiwa besar ia menerimanya sambil tersenyum. Kemudian ia berkata, โ€œKuanggap minum racun ini bukan sebagai hukuman, tapi sebagai upah yang harus aku terima atas pendapat-pendapatku.โ€œ

โ—†โ—‡ Oleh karena itu mari kita tebarkan senyum baik dalam keadaan damai maupun ketika melakukan demo. Jangan ragu-ragu untuk mau menerima dan memberikan senyuman kepada saudara-saudara kita agar hilang duka nestapa dan tetap terjalin ukhwah. Bayangkan, bagaimana indahnya kalau waktu demo, masing-masing peserta demo selain menebarkan ucapan salam juga memberikan senyuman.

โ—†โ—‡ Kalaupun kita sulit untuk memberikan senyuman, janganlah sampai menampakkan wajah yang masam dan sinis. Tampilkan wajah yang indah, menyenangkan dan menenangkan untuk dipandang, karena menampakkan keceriaan wajah kepada saudara kita akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang bersedekah.

โ—†โ—‡ Rasul ๏ทบ bersabda, โ€œJanganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu berupa cerahnya wajahmu terhadap saudaramu.โ€œ (HR. Muslim).

โ—โ€ข Wallahua’lam

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚
==========โ˜†โ˜†โ˜†============

โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

๐Ÿ“ฒ Cinta Hafidz โ€“ No.Rek :3350010324
๐Ÿ“ฑCinta Yatim โ€“ No.Rek : 3350010325
๐Ÿ’ป Peningkatan Ekonomi Duafa โ€“ No.Rek :3350010326
๐Ÿ“ฎCinta Masjid โ€“ No.Rek 3350010327
๐Ÿ“ฆ Sosial Kemanusiaanโ€“ No.Rek : 3350010328
โ˜Ž Syiar Dakwah โ€“ No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>