Matan Hadist

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 26 September 2020
9 Safar 1442 H
No. : 1896/AM/KOM/IX/2020
Materi : Hadist
Pemateri. : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Matan Hadist

عَنْ أَبِی عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّٰه بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ
رَضِیَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ النَّبِی صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ بُنِیَ الإِسْلامُ عَلَی خَمسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّه وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّه وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Dari Abu Abdurrahman, abdullah bin Umar bin Khaththab r.a., dia berkata, ‘Aku mendengar Nabi saw. bersabd, Islam dibangun ats lima hal, (yaitu) kesaksian bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; haji; puasa ramadhan.”

Takhrij Hadits

◾Imam al-Bukhari, Jami’ ash-Shahih, “Kitabul Iman”, “Bab Qaulin Nabi saw. Biniyal Islam ‘ala Khamsin”, No. 8

◾Imam Muslim, Jami’ ash-Shahih,”Kitabul Iman”, “Bab Qaulin Nabi saw. Biniyal Islam ‘ala Khamsin”, No. 16.

Makna Hadits

A. Makna Hadits Secara Global

Hadits ini memuat beberapa permasalahan penting sebagai berikut:

  1. Mengenal rukun-rukun Islam sebagaimana tersebut pad hadits kedua.
    Imam Ibnu Daqiq al-Id berkata, “Hadits ini merupakan dasar yaang agung dalam mengetahui agama dan di atasnyalah, ia disandarkan karena hadits ini telah mengumpulkan rukun-rukun agama.
  2. Menunjukkan betapa penting kelima hal ini dan merupakan kewajiban setiap muslim, bukan kewajiban kifayah.

Syeikh Isma’il bin Muhammad al-Anshari rahimahullah berkata, sesungguhnya, lima kewajiban ini termasuk fardhu ‘ain (kewajiban per orang) yang tidaklah gugur kewajiban itu walaupun telah dikerjakan oleh sebagian lainnya.

Para ulama sepakat (ijma’) bahwa orang yang mengingkari salah satu kewajiban tersebut, apalagi semuanya, maka dia kafir dan murtad. Namun, mereka tidak sepakat dalam hal orang yang meninggalkannya, tetapi masih mengakui kewajibannya, apakah dia kafir atau tidak. Sebagian ada yang mengafirkan, sebagian lain menganggapnya sebagai pelaku dosa besar dan dihukumi fasik, serta ada juga yang menghukumi kufrun duna kufrin (kekafiran dibawah kekafiran).

Imam Ibnu Rajab al-Hanbali rahimahullah mengatakan, “Imam Ahmad dan kebanyakan ulama ahli hadits berpendapat kafirnya orang yang meninggalkan shalat. Ishaq bin Rahawaih menceritakan adanya ijma’ di antara mereka (ahli hadits) sampai-sampai dijadikan sebuah ungkapan barangsiapa yang mengatakan tidak kafirnya orang yang meninggalkan rukun-rukun ini dan orang itu masih mengakui rukun-rukun tersebut maka ini adalah termasuk perkataan murji’ah.
Demikian jg perkataan Sufyan bin Unaiyah, orang murji’ah menamakan meninggalkan kewajiban adalah sebagai dosa dengan posisi yang sama dengan orang yamg menjalankan (hal) haram.

Keduanya tidaklah sama karena menjalankan (hal) haram tanpa sikap ‘menghalalkan’ merupakan maksiat, serta meninggalkan kewajiban-kewajiban bukan karena kebodohan dan tanpa uzur maka dia kufur. Penjelasan hal ini adalah dalam perkara Adam dan iblis, serta ulama Yahudi yang mengakui diutusnya Nabi saw. dan mereka tidak mengamalkan syari’at-syari’atnya.

Diriwayatkan dari Atha dan Nafi, pelayan Ibnu Umar, mereka berdua ditanya tentang orang yang mengatakan, ‘shalat adalah wajib, tetapi aku tidak shalat.’ Mereka berdua menjawab, ‘Dia kafir’. Inilah juga pendapat Imam Ahmad.

🍃🍃🌼🍃🍃🌼🍃🍃🌼🍃🍃🌼

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>