Matan Hadist

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 13 Juni 2020
22 Syawal 1441 H
No. : 1782/AM/KOM/V/2020
Materi : Hadis’t
Pemateri. : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

📚 Matan Hadist

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.

“Dari Amirul Mu’minin, Abu Hafs (Umar bin Khathab r.a.), dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda, “Sesungguhnya, amal itu hanyalah beserta niat, dan setiap orang mendapatkan apa-apa sesuai yang diniatkannya. Barang siapa yang jihrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya itu adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang diinginkannya atau perempuan yang ingin dinikahinya maka hijrahnya itu pada apa-apa yang dia inginkan itu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Hijrah secara Bahasa artinya at-tarku (meninggalkan). Secara syari’at, hijrah adalah al-intqal min baladil kufri ilaa baladil islaam wa min darisy syirki ilaa darit tauhid wa min daril khauf ilaa daril amn (pindah dari negeri kufur menuju negeri Islam, dari negeri syirik menuju negeri tauhid, dan dari negeri yang tidak aman menuju negeri yang aman).

Para ulama berbeda pendapat apakah hijrah itu wajib atau Sunnah? Namun, pendapat yang lebih kuat adalah dilihat kondisinya lebih dahulu, yaitu jika hijrah dari sebuah tempat yang seorang Muslim tidak dapat menjalankan agamanya secara sempurna, ini adalah wajib sesuai dengan kaidah,

مَا لَايَتَمُّ الْوَاجِبِ اءِلَّا بِهِ فَهُوَ وَاجِبٌ

“Kewajiban yang tidak sempurna, kecuali oleh sesuatu, maka sesuatu itu menjadi wajib.”

Menjalankan agama adalah kewajiban. Namun, jika baru bisa sempurna menjalankannya dengan hijrah dari daerah kufur, hijrah adalah wajib. Adapun jika situasinya tidak sampai seperti itu, hanya saja belum benar-benar leluasa, hijrah adalah Sunnah.

Ada 2 model hijrah, yaitu:

  1. Hijrah makani (pindah wilayah), yaitu dari negeri kufur ke negeri tauhid, atau bisa juga pindah tempat dari daerah buruk, daerah maksiat dan kejahatan yang tidak kondusif untuk agama dan akhlak, menujudaerah yang saleh dana man untuk agaman.
  2. Hijrah ma’nawi (Pindah secara nilai), yaitu berubahnya seseorang yang awalnya kafir menjadi muslim, atau ahli maksiat menjadi ahli taat, atau ahli jahil (bodoh) menjadi alim (berilmu), dan lainnya.

Ilallaah wa rasuulih fahijratuhu ilallaah wa rasuulih (kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya itu adalah kepada Allah dan Rasul-Nya). Makna kepada Allah adalah orang yang hijrahnya karena Allah SWT untuk mencari balasan kebaikan dari-Nya, mendapatkan ridha-Nya dan membela syari’at-Nya.

Allah SWT berfirman,

وَإِنْ كُنْتُنَّ تُرِدْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ…..ۥ

“Dan, jika engkau menginginkan Allah dan Rasul-Nya…(QS. al-Ahzaab:29)

Imam asy-Syaukani mengatakan, “(Yaitu) menginginkan surga dan kenikmatannya”. Syekh Ibnu al-Utsaimin mengatakan, “(Yaitu) menginginkan wajah-Nya dan menolong agama-Nya. Ini adalah keinginan yang baik.”

Makna dan Rasul-Nya adalah orang yang berhijrah untuk memperoleh keberuntungan bersahabat dengannya (Rasul saw.), menjalankan Sunnahnya, membelanya, dan mengajak manusia kepadanya, serta menyebarkan agamanya.

Makna maka hijrahnya itu adalah kepada Allah dan Rasul-Nya, yaitu dia akan mendapatkan apa yang diniatkannya, antara lain pahala dari-Nya (Allah SWT), ridha-Nya, serta kemenangan dunia dan akhirat sebagaimana yang dia niatkan sebelumnya.
Syekh Isma’il bin Muhammad al-anshari rahimahullah berkata, “Kepada Allah dan Rasul-Nya, yaitu menjadikan maksud hijrahnya dalah demi ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya, (mendapat) balasan dan pahala.”

🍃🍃🌼🍃🍃🌼🍃🍃🌼🍃🍃🌼

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>