Mengenal Fatima Al-Fihri, Pendiri Universitas Tertua di Dunia

πŸ“° KUTUB NEWS

Hari/Tgl : Sabtu, 18 September 2021
11 Safar 1443 H
No. : 317/KN/INFO/IX/2021
Tujuan : KUTUBer & Umum
===©== ❁❁==❁❁==©===

πŸ“° Mengenal Fatima Al-Fihri, Pendiri Universitas Tertua di Dunia

Rosmha Widiyani – detikEdu

Jakarta – Sosok Fatima Al-Fihri mungkin tak banyak yang tahu. Namun karyanya telah membuka gerbang pengetahuan, yang akhirnya membawa kesejahteraan bagi seluruh penduduk dunia. Dikutip dari situs berita Jerman Deutsche Welle (DW), Fatima Al Fihri adalah pendiri universitas tertua di dunia Al-Qarawiyyin. Universitas tersebut masih beroperasi hingga kini.

“Di kota Fez, Maroko, inilah Fatima Al-Fihri mendirikan Al-Qarawiyyin univeristy yang berawal dari sebuah masjid. Universitas ini menjadi yang paling tua di dunia versi UNESCO dan Guinness World Record,” tulis DW.

Sejak abad ke-10, masjid yang kemudian menjadi universitas Al-Qawariyyin telah menjadi institusi religius pertama dan universitas terbesar di Afrika Utara. Lembaga ini telah menarik perhatian banyak kaum pelajar dan ilmuwan ternama.

Al-Qarawiyyin mengindikasikan Islam dan masjid sesungguhnya tidak pernah lepas dari pendidikan. Karakter sebagai fasilitas pendidikan bahkan sudah membersamai saat Al-Qarawiyyin masih berupa masjid.

Meski sangat terkenal, nyatanya ada beberapa fakta terkait muslimah taat ini yang belum diketahui. Misal penyebab dan tahun kematian Fatima Al-Fihri yang dikenal juga sebagai seorang muslim kaya.

Ahli sejarah hanya bisa memperkirakan Fatima Al-Fihri kemungkinan meninggal pada 878 M. Fakta seputar Al-Fihri hanya diketahui yang berhubungan dengan Al-Qawariyyin university.

Selama hidupnya, Fatima dikenal dengan sebutan ibunya anak-anak. Menurut ahli sejarah Mohammed Yasser Hilali, sebutan berasal dari aksi sosial dan banyaknya pelajar yang diasuh Fatima Al-Fihri.

Fatima Al-Fihri menjadi simbol seorang muslimah yang sangat peduli pada pendidikan. Sosoknya juga mengindikasikan karakter Islam yang mewajibkan umatnya menuntut ilmu, tanpa memandang jenis kelamin.

🌍 Sumber : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5727050/mengenal-fatima-al-fihri-pendiri-universitas-tertua-di-dunia

◼️◻️◼️◻️◼️◻️◼️◻️◼️

β•βπŸ’°SEDEKAH KUTUBπŸ’°β ═

πŸ’° Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

☎ Syiar Dakwah – No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

πŸ“±Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>