Menggali Kecantikan Muslimah

📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Selasa, 17 Agustus 2021
09 Muharam 1443 H
No. : 2162/AM/KOM/VIII/2021
Pemateri : Bunda Lina Nazkiya
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

📚 Menggali Kecantikan Muslimah

◐• Keistimewaan Perempuan Sebagai Seorang Ibu

Allah menganugerahkan hal yang sangat istimewa kepada perempuan yaitu menjadikannya seorang ibu, di mana Islam sangat memuliakan kedudukan seorang ibu. Karena seorang ibu ditakdirkan harus mengandung denga bersusah payah selama 9 bulan dan kemudian menyusuinya selama 2 tahun. Islam memerintahkan seluruh umat manusia untuk berbakti kepada seorang ibu dan menghormatinya melebihi siapapun di dunia ini. Hal disampaikan Allah dalam firman-Nya surat Luqman ayat 14 :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS Luqman : 14).

Beberapa hadist tentang kewajiban untuk berbakti kepada orang tua diantaranya seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata; “Seorang laki-laki datang kepa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sambil berkata; “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa lagi?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” Beliau menjawab: “Kemudian ayahmu.” (HR. Bukhari no. 5971).

Baik dalam Al-Quran maupun hadits menempatkan seorang perempuan sebagai ibu pada posisi yang sangat penting dan mulia. Kebahagiaan seorang manusia bisa diraih dengan menghormati dan berbakti kepadanya atau yang sering diistilahkan ridho Allah adalah ridho orang tua dan dalam hal ini adalah peran dari seorang Ibu. Jika seorang anak tidak menghormati dan berbakti kepada orang tua termasuk pelanggaran dan dosa besar.

Dan sebaliknya jika seorang anak ingin sukses dan bahagia hidupnya maka berbaktilah kepada orang tuanya, karena dengan berbakti, doa orang tua tidak akan pernah putus untuk anak-anaknya. Dalam kehidupan nyata juga banyak contohnya, seorang anak yang ketika sukses pada kemudian melupakan orang tuanya dan bahkan sampai berbuat durhaka maka lambat laun akan menjadi sengsara hidupnya.

Tidak ada batasan seorang anak untuk berbakti kepada orang tuanya, sepanjang nyawa masih ada maka teruslah berbakti bahkan ketika orang tua sudah meninggal dunia pun seorang anak tidak berhenti untuk berbakti. Tetapi jika orang tua menyuruh kepada kemaksiatan atau kemungkaran, maka seorang anak tidak boleh menurutinya dan si anak dilarang memutuskan silaturrahim dengan orang tuanya dan tetap memperlakukan orang tuanya dengan baik, hal ini sebagai firman Allah surat Al-Isra ayat 23.

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS Al-Isra : 23).

Bersambung…

Sumber : Buku “Aktivasi Inner Beauty”, Lutfi Kirom Az-Zumaro

🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

👳🏻Konsultasi : https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═

💰 Bank Muamalat Nomor rekening : 3180005019

💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>