Menggapai Ketenangan Finansial (Serial Muslimah)

📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Selasa, 13 April 2021
02 Ramadhan 1442 H
No. : 2066/AM/KOM/IV/2021
Pemateri : Bunda Lina Nazkiya
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

📚 Menggapai Ketenangan Finansial (Serial Muslimah)

© Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencapai ketenangan finansial yaitu :

❸. Mengelola Keuangan

Setelah mengetahui bagaimana mendapatkan pendapatan, kemudian membuat perencanan, maka langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana mengelola keuangan yang baik agar tidak disebut boros ataupun pelit. Dalam mengelola keuangan yang perlu dipahami adalah bagaimana membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan hal yang paling mendasar bagi manusia, maka ketika kebutuhan ini tidak terpenuhi bisa mengakibatkan kelaparan, sakit dan dampak negatif lainnya, sedangkan keinginan adalah suatu hal yang berdasarkan nafsu atau keinginan semata. Keinginan bisa dipenuhi jika kebutuha dasar sudah terpenuhi.

Level keinginan juga bermacam-macam dari yang paling kecil maupun yang paling besar, dari yang murah sampai yang sangat mahal. Kebutuhan dan keinginan setiap orang atau keluarga pasti berbeda, hal ini bisa dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi, geografis, lingkungan, pekerjaan dan sebagainya sehingga sudah pasti setiap orang atau keluarga harus memahami secara cerdas dan bijaksana.

Setelah memahami apa itu kebutuhan dan keinginan, maka selanjutnya adalah mengelola pendapatan, pastikan pendapatan yang diperoleh adalah halal, hal ini sebagaimana firman Allah :

يٰۤاَ يُّهَا النَّا سُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَ رْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا  ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ  ۗ اِنَّهٗ لَـكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 168)

✍🏻 Sumber : Sakinah Finance (luqyan Tamani dan Murniati Muhklisin)

Bersambung…

🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

👳🏻Konsultasi : https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═

💰 Bank Muamalat Nomor rekening : 3180005019

💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>