Menjauhi Suโ€™uzon dan Meningkatkan Husnuzon (Part 1)

๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl : Senin, 05 April 2021
23 Sya’ban 1442 H
No. : 2059/AM/KOM/IV/2021
Materi : Tasqif
Pemateri : Wahyu Rinaldi

Tujuan : KUTUBer & Umum

๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ

๐Ÿ“š Menjauhi Suโ€™uzon dan Meningkatkan Husnuzon (Part 1)

Sahabat KUTUBer yang semoga dirahmati Allah. Penyakit hati berupa prasangka buruk (suโ€™uzon) ini bukan perkara ringan dan remeh. Ia adalah penyakit berbahaya yang dapat membunuh iman, dan orang yang dihinggapi penyakit ini merupakan orang yang jauh dari ketakwaan.

Sehingga ayat Al-Qurโ€™an yang berbicara mengenai hal ini ditutup dengan perintah untuk bertakwa dan bertaubat. Allah ๏ทป berfirman :

ูŠุง ุงูŠู‘ู‡ุง ุงู„ุฐูŠู† ุฃู…ู†ูˆุงุงุฌู’ุชูŽู†ูุจููˆุง ูƒูŽุซูŠุฑู‹ุง ู…ู† ุงู„ุธูŽู‘ู†ูู‘* ุฅู† ุจุนุถูŽ ุงู„ุธู†ูู‘ ุฅุซู’ู…ูŒ ูˆู„ุง ุชุฌูŽุณูŽู‘ุณููˆุง ูˆู„ุง ูŠูŽุบู’ุชูŽุจู’ ุจุนุถููƒู… ุจุนุถู‹ุง* ุฃูŠูุญูุจูู‘ ุงุญุฏููƒู… ุฃู† ูŠุฃูƒูู„ูŽ ู„ุญู’ู…ูŽ ุฃุฎููŠู‡ ู…ูŽูŠู’ุชู‹ุง ููŽูƒูŽุฑูู‡ู’ุชูู…ููˆู‡* ูˆุงุชู‘ู‚ูˆุงุงู„ู„ู‡ูŽ ุฅู†ู‘ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุชูˆู‘ุงุจูŒ ุฑุญูŠู…

โ€œWahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu sekalian yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang.โ€ (QS. Al-Hujurat : 12)

Prasangka yang banyak mengandung dosa dan dilarang dalam ayat di atas adalah prasangka buruk. Prasangka buruk memang bukan sebuah tindakan dan aksi nyata, tetapi ia adalah penyakit hati yang bisa menggerakkan manusia berbuat sesuatu yang tercela.

Oleh karena itu, meskipun suโ€™uzon merupakan prasangka di dalam hati, ia tetap dilarang karena banyak mengandung dosa. Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah ๏ทบ menyebut prasangka (buruk) sebagai โ€œucapanโ€ yang paling dusta. Beliau ๏ทบ bersabda :

ุงููŠู‘ุงูƒูู… ูˆุงู„ุธู†ูŽู‘ ูุงูู† ุงู„ุธู†ูŽู‘ ุงูŽูƒู’ุฐูŽุจู ุงู„ุญูŽุฏููŠุซ

“Jauhilah prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta.โ€ (HR. Al-Bukhari no. 6064)

Hadits di atas sangat penting untuk direnungkan dan dipahami karena penyakit hati berupa prsangka buruk merupakan maksiat yang samar dan terkadang diremehkan oleh manusia. Padahal Rasulullah ๏ทบ menyamakan prasangka buruk yang hanya berupa pikiran dan belum diucapkan itu dengan ucapan, bahkan ia disamakan dengan perkataan yang paling dusta.

Pernyataan Rasulullah ๏ทบ yang menyejajarkan prasangka buruk sebagai ucapan atau perkataan yang paling dusta itu merupakan pelajaran penting dan penggambaran lugas serta mendalam. Nabi Muhammad ๏ทบ menunjukkan betapa keji dan jahatnya prasangka buruk.

Wallahu A’lam Bisshowab

Sumber : https://islam.nu.or.id/post/read/127591/menjauhi-su-uzon-dan-meningkatkan-husnuzon

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ

=============================
๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•
๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)
๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>