Perkara Orang Orang yang Tidak Ikut Perang Tabuk

Menghayati Sejarah Nabi

Hari/tgl : Kamis, 08 April 2021
24 Sya’ban 1442 H
No. : 282/MSN/INFO/KOM/IV/2021
Materi : Sirah Nabawiyah
Sumber : Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al Buthy

Tujuan. : KUTUBer dan Umum

🌾🌾🌻🌾🌾🌻🌾🌾🌻🌾🌾

πŸ“š Perkara Orang Orang yang Tidak Ikut Perang Tabuk

Setibanya di Madinah, Nabi Muhammad SAW masuk ke dalam masjid kemudian melaksanakan shalat dua rakaat. Seusai shalat, beliau duduk bersama para sahabat. Orang orang yang tidak ikut berperang datang kepada Nabi Muhammad SAW menyampaikan alasan masing masing disertai sumpah. Jumlah mereka delapan puluh orang lebih sedikit. Pernyataan dan alasan mereka itu diterima oleh Nabi Muhammad SAW dan beliau memohonkan ampun kepada Allah bagi mereka. Sementara itu, urusan Ka’ab dan kedua temannya dibiarkan hingga turun ayat ayat yang menerangkan tobat mereka.

Ka’ab RA, dalam sebuah hadits panjang yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, mengungkapkan kisahnya sendiri.

Di antara kisahku bahwa aku tidak sanggup dan tidak mudah berangkat sehingga aku tidak ikut dalam peperangan itu. Aku segera memulai persiapan untuk maju ke medan perang bersama kaum Muslimin, tetapi aku kembali lagi dan belum mempersiapkan sesuatu. Aku kemudian berkata dalam hati, ‘Aku sebenarnya mampu (ikut ke medan perang). ‘Aku terus berusaha mempersiapkan segala keperluan sampai kaum muslimin telah siap berangkat, tetapi ternyata aku belum mendapatkan apa apa untuk berangkat. Ketika kaum Muslimin sudah berangkat dan berjalan jauh menuju medan perang, aku masih belum mempersiapkan apa apa lalu aku berkeinginan untuk menyusul mereka andai aku telah melakukannya tetapi aku tidak ditakdirkan untuk itu.

Setelah Rasululkah SAW berangkat, aku keluar menemui orang orang. Aku sangat sedih karena aku tidak melihat kecuali orang yang dikenal sekali kemunafikannya atau orang lemah yang diberi dispensasi oleh Allah SWT.

==========β˜†β˜†β˜†============
β•βπŸ’°SEDEKAH KUTUBπŸ’°β ═

πŸ’° Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

☎ Syiar Dakwah – No. Rek: 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

πŸ“±Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>