PROSES PENCIPTAAN MANUSIA DAN PENETAPAN TAKDIR

📓📕📗📘📙📔
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Sabtu, 09 Oktober 2021
3 Rabi’ul Awal 1443 H
No. : 2210/AM/KOM/X/2021
Materi : Hadist
Pemateri : Ustadz Farid Nu’man Hasan

Tujuan : KUTUBer & Umum

Hadits no. 4
PROSES PENCIPTAAN MANUSIA DAN PENETAPAN TAKDIR

MATAN HADITS

عَنْ عَبْدِ اللَّه بنِ مَسْعُوْدْ رَضِیَ اللَّه عَنْهُ قَالَ حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللَّه صَلَّی اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّم وَهُوَالصَّادِقُ المَصْدُوْقُ إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجّمَعُ خَلْقُهُ فِیْ بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا نُطْفَةً ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثَْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يَكُوْنَ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ المَلَكُ فَيَنفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِیٌّ أَوْ سَعِيْدٌ فَوَ اللَّه الَّذِی لاَإِلَهَ غَيْرُهُ إِنّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الجَنَّةِ حَتَّی مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إلاذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِفَيَدْ جُلُهَا وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِحتَّی مَا يَكُونُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الجَنَّةِ فَيَدْ جُلُهَا

“Dari Abdullah bin Mas’ud r.a., dia berkata, “Telah berkata kepada kami Rasulullah ﷺ beliau adalah orang yang jujur dan dipercaya, ‘Sesungguhnya, tiap kalian dikumpulkan ciptaannya dalam rahim ibunya selama 40 hari, berupa nuthfah (air mani yang kental). Kemudian, menjadi ‘alaqah (segumpal darah) selama itu juga. Kemudian, menjadi mudghah (segumpal daging) selama itu. Kemudian, diutus kepadanya malaikat untuk meniupkannya ruh dan dia diperintahkan mencatat empat kata yang telah ditentukan, (yaitu) rezekinya, ajalnya, amalnya dan kesulitan atau kebahagiannya. Demi zat yang tiada Ilah, kecuali Dia, sesungguhnya setiap kalian ada yang melaksanakan perbuatan ahli surga sehingga jarak antara dirinya dan surga hanyalah sehasta, tetapi dia telah didahului oleh kitab (ketetapan atau takdir) lalu dia mengerjakan perbuatan ahli neraka maka dia masuk ke dalamnya. Di antara kalian, ada yang mengerjakan perbuatan ahli neraka (penduduk neraka) sehingga jarak antara dirinya dan neraka hanya sehasta, tetapi dia telah didahului oleh takdirnya lalu dia mengerjakan perbuatan ahli surga maka dia memasukinya.””

MAKNA HADITS

  1. Hadits ini juga menyebutkan takdir Allah SWT bagi setiap hamba-Nya, yaitu berupa rezeki, ajal, amal, bahagia dan kesulitannya.

Setiap manusia tidak dapat mengelak rencana Allah SWT terhadap mereka.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

قُل لَّنْ يُصِيبَنَآ إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلٰىنَا  ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

“Katakanlah (Muhammad), “Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman.””
(QS. At-Taubah: 51)

Hendaklah seorang muslim mengimaninya, baik takdir yang buruk maupun yang baik. Semua itu merupakan ketentuan Allah SWT yang hikmahnya selalu baik bagi hamba-hamba-Nya.

Dengan mengimani hal ini secara baik dan benar, seorang muslim tidak akan pernah gundah, lemah, khawatir, serta takut terhadap kematian dna kemiskinan di dunia karena semua telah ada alamat dan waktunya masing-masing yang tidak bisa dipercepat atau ditunda jika memang sudah waktunya, serta tidak bisa dielak jika memang itu bagian dari kehidupan kita. Disinilah iman dan sabar kita diuji.

✍🏻 Diambil dari Judul Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawi

=============================
👳🏻Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═
💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)
📱Konfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>