Sifat Qidam : Keberadaan Tanpa Awal Mula (Bagian 2)

๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Senin, 10 Agustus 2020
20 Dzulhijjah 1441 H
No. : 1852/AM/KOM/VIII/2020
Materi : Tasqif
Pemateri. : Wahyu Rinaldi

Tujuan : KUTUBer & Umum

๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ

๐Ÿ“š Sifat Qidam : Keberadaan Tanpa Awal Mula (Bagian 2)

Lalu pertanyaannya, apakah keberadaan Allah juga didahului oleh ketiadaan sebelumnya atau dengan kata lain keberadaannya juga mempunyai awal mula? Bila dijawab ya maka kita akan terjatuh pada tasalsul kembali yang secara rasional mustahil tersebut. Akhirnya hanya ada satu opsi untuk dipilih, yakni keberadaan Allah tidak mempunyai awal mula alias tidak didahului ketiadaan.

Keberadaan tanpa awal mula inilah yang disebut sebagai sifat qidam. Seorang Muslim wajib mempercayai bahwa Allah bersifat qidam, bila tidak maka keimanannya tidak sah. Lawan dari qidam adalah huduts yang berarti punya awal mula, baik berupa awal mula dalam bentuk materi lain atau awal mula berupa ketiadaan. Karena Allah bersifat qidam, maka mustahil Allah bersifat huduts. Sebab alam semesta bersifat huduts, maka mustahil alam semesta bersifat qidam.  

Bahasan rumit di atas adalah argumen rasional dari para ulama Ahlussunnah wal Jamaโ€™ah untuk berdialog dengan non-Muslim yang  tidak mempercayai Al-Qurโ€™an dan hadits sehingga otomatis tidak mempercayai kenabian Nabi Muhammad. Tidak mungkin meyakinkan mereka tentang sifat ketuhanan kecuali memakai argumen rasional. Adapun bagi seorang Muslim yang mempercayai Al-Qurโ€™an dan hadits, maka dalil sifat qidam cukup dengan ayat dan hadits berikut :
 
 ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุขุฎูุฑู

“Dialah Yang Maha Awal [yang tidak didahului ketiadaan] dan Maha Akhir [yang tidak diikuti ketiadaan].” (QS. Al-Hadid : 3).

ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู„ูุฏู’ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠููˆู„ูŽุฏู’

“Dia tidak melahirkan sesuatu dan tidak pula dilahirkan/berasal dari sesuatu.โ€ (QS. Al-Ikhlas : 3).

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู. (ุจุฎุงุฑูŠ)

“Allah sudah ada dan tak ada apapun selain Dia.โ€ (HR Bukhari).  

Adapun dalil naqli sifat huduts seluruh alam, dalam Al-Qurโ€™an dinyatakan :

ุฃูŽู…ู’ ุฎูู„ูู‚ููˆุง ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุดูŽูŠู’ุกู ุฃูŽู…ู’ ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฎูŽุงู„ูู‚ููˆู†ูŽ ุฃูŽู…ู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ููˆุง ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุฃุฑู’ุถูŽ ุจูŽู„ ู„ูŽุง ูŠููˆู‚ูู†ููˆู†ูŽ

“Apakah mereka diciptakan tanpa berasal dari sesuatu pun [yang menciptakan mereka] ataukah mereka yang menciptakan [diri mereka sendiri]? Ataukah mereka telah menciptakan langit dan bumi itu?; sebenarnya mereka tidak meyakini (apa yang mereka katakan).โ€ (QS At-Thur : 35-36)

Ayat tersebut menafikan dua kemungkinan dari alam semesta. Kemungkinan pertama adalah alam semesta ada sendiri dari ketiadaan tanpa ada yang menciptakan. Kemungkinan kedua adalah alam semesta menciptakan dirinya sendiri. Keduanya adalah hal mustahil sehingga orang-orang ateis yang meyakini hal itu sesungguhnya tidak bisa benar-benar yakin bahwa mereka benar. Satu-satunya opsi yang masuk akal adalah alam semesta bersifat huduts dan diciptakan oleh Tuhan yang bersifat qidam.

Wallahu A’lam Bisshowab

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/121465/sifat-qidam–keberadaan-tanpa-awal-mula

==========================
๐Ÿ‘ณ๐Ÿปโ€โ™‚Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ

โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>