Tafsir Surah An-Nabaโ€™ (Bag. 3)

๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Selasa, 11 Agustus 2020
21 Dzulhijjah 1441
No. : 1853/AM/KOM/VIII/2020
Materi : Tafsir
Pemateri : Asy-Syahid Sayyid Qutb
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= โโโโ =========
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ

๐Ÿ“š Tafsir Surah An-Nabaโ€™ (Bag. 3)

โˆš Pengantar

Surah an-Naba’ adalah sebuah contoh bagi arah juz ini dengan tema-temanya, hakikat-hakikatnya, kesan-kesannya, lukisan-lukisannya, bayangan-bayangannya, nuansa musikalnya, sentuhan-sentuhannya pada alam dan jiwa serta dunia dan akherat dan pilihan kata dan kalimat-kalimatnya untuk menguatkan kesan dan pengaruhnya di dalam perasaan dan hati.

Surah ini dimulai dengan yang mengisyaratkan dan mengesankan besar dan agungnya hakikat yang mereka perselisihkan. Yaitu persoalan besar yang tidak ada kesamaran padanya dan tidak ada syubhat. Pertanyaan ini diakhiri dengan mengemukakan ancaman kepada mereka terhadap hari yang kelak akan mereka ketahui hakikatnya.

ุนูŽู…ู‘ูŽ ูŠูŽุชูŽุณูŽุงุกูŽู„ููˆู†ูŽ โ— ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจูŽุฅู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู…ู โ— ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู‡ูู…ู’ ูููŠู‡ู ู…ูุฎู’ุชูŽู„ููููˆู†ูŽ โ— ูƒูŽู„ู‘ูŽุง ุณูŽูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ โ— ุซูู…ู‘ูŽ ูƒูŽู„ู‘ูŽุง ุณูŽูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ โ—

“Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya? Tentang berita yang besar, yang mereka perselisihkan tentang ini. Sekali-kali tidak; kelak mereka akan mengetahui, kemudian sekali-kali tidak; kelak mereka mengetahui.” (QS. An-Nabaโ€™ : 1-5).

Dari sana segmen berikutnya beralih dari makna pembicaraan itu dari berita ini dan dibubarkannya ia hingga waktunya. Kemudian dibawakannya mereka beralih kepada sesuatu yang terjadi dihadapan mereka dan disekitar mereka, mengenai diri mereka sendiri dan alam semesta yang di padanya terdapat persoalan besar juga. Alam itu menunjukan sesuatu yang ada sebaliknya dan mengisyaratkan kepada apa yang akan dibacanya.

ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ู†ูŽุฌู’ุนูŽู„ู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถูŽ ู…ูู‡ูŽุงุฏู‹ุง โ— ูˆูŽุงู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ูŽ ุฃูŽูˆู’ุชูŽุงุฏู‹ุง โ— ูˆูŽุฎูŽู„ูŽู‚ู’ู†ูŽุงูƒูู…ู’ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌู‹ุง โ— ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู†ูŽูˆู’ู…ูŽูƒูู…ู’ ุณูุจูŽุงุชู‹ุง โ— ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽ ู„ูุจูŽุงุณู‹ุง โ— ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽ ู…ูŽุนูŽุงุดู‹ุง โ— ูˆูŽุจูŽู†ูŽูŠู’ู†ูŽุง ููŽูˆู’ู‚ูŽูƒูู…ู’ ุณูŽุจู’ุนู‹ุง ุดูุฏูŽุงุฏู‹ุง โ— ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ุณูุฑูŽุงุฌู‹ุง ูˆูŽู‡ู‘ูŽุงุฌู‹ุง โ— ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุนู’ุตูุฑูŽุงุชู ู…ูŽุงุกู‹ ุซูŽุฌู‘ูŽุงุฌู‹ุง โ— ู„ูู†ูุฎู’ุฑูุฌูŽ ุจูู‡ู ุญูŽุจู‘ู‹ุง ูˆูŽู†ูŽุจูŽุงุชู‹ุง โ— ูˆูŽุฌูŽู†ู‘ูŽุงุชู ุฃูŽู„ู’ููŽุงูู‹ุง โ—

“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak? dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan, dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan, dan Kami bina di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh, dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari), dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah, supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan, dan kebun-kebun yang lebat? (QS. An-Nabaโ€™ : 6-16).

Dari kumpulan hakikat-hakikat, pemandangan-pemandangan, lukisan-lukisan dan kesan-kesan ini mereka dibawa kembali kepada berita besar yang mereka perselisihkan dan yang diancamkan kepada mereka pada hari mereka mengetahuinya. Untuk dikatakan kepada mereka, apakah ia, dan bagaimana ia tejadi.

ุฅูู†ู‘ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ููŽุตู’ู„ู ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ููŠู‚ูŽุงุชู‹ุง โ— ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ูŠูู†ู’ููŽุฎู ูููŠ ุงู„ุตู‘ููˆุฑู ููŽุชูŽุฃู’ุชููˆู†ูŽ ุฃูŽูู’ูˆูŽุงุฌู‹ุง โ— ูˆูŽููุชูุญูŽุชู ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ููŽูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู‹ุง โ— ูˆูŽุณููŠู‘ูุฑูŽุชู ุงู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ู ููŽูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุณูŽุฑูŽุงุจู‹ุง โ—

“Sesungguhnya Hari Keputusan adalah suatu waktu yang ditetapkan, yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok, dan dibukalah langit, maka terdapatlah beberapa pintu, dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia.” (QS. An-Nabaโ€™ : 17-20).

Wallahu’Alam

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ

=============================
๐Ÿ‘ณ๐Ÿปโ€โ™‚Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•
๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)
๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>