Tafsir Surah An-Nabaโ€™ (Bag. 8)

๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Rabu, 16 September 2020
29 Muharam 1442
No. : 1886/AM/KOM/IX/2020
Materi : Tafsir
Pemateri : Asy-Syahid Sayyid Qutb
Tujuan : KUTUBer & Umum
========= โโโโ =========
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ

๐Ÿ“š Tafsir Surah An-Nabaโ€™ (Bag. 8)

โˆš Sentuhan Kedua adalah mengenai jiwa manusia dalam beberapa segi dan hakekat yang berbeda-beda.

Maka, istirahat yakni menghentikan berpikir dan beraktifitas dengan tidur ini merupakan suatu keharusan dari keharusan-keharusan bangunan kehidupan. Ia merupakan satu rahasia dari rahasia-rahasia kekuasaan yang mencipta, dan salah satu nikmat dari nikmat-nikmat Allah yang tidak ada seorang pun yang mampu memberikannya selain Dia.

Adapun mengarahkan perhatian kepadanya sebagaimana yang dicontohkan Al-Qur’an ini, mengingatkan dan menyadarkan hati kepada kekhususan-kekhususan zat-Nya. Juga kepada tangan yang mewujudkan eksistensinya dan menyentuh hati tersebut dengan sentuhan yang membangunkannya untuk memikirkan dan merenungkan serta mengambil kesan darinya.

Diantara pengaturan Allah juga ialah, Dia menjadikan gerakan alam ini selaras dengan gerakan makhluk-makhluk hidup. Sebagaimana Dia meletakkan pada manusia rahasia tidur dan istirahat sesudah bekerja dan melakukan aktivitas. Maka, Dia meletakkan pada alam ini fenomena malam sebagai pakaian penutup yang menjadikan istirahat dan pengenduran saraf itu berjalan dengan sempurna. Juga meletakkan fenomena siang untuk mencari penghidupan, yang dalam waktu siang inilah gerak dan aktivitas dapat berjalan dengan sempurna.

Dengan demikian selaras dan serasilah ciptaan Allah, dan alam ini pun sangat cocok bagi makhluk hidup dengan segala kekhususannya. Makhluk-makhluk hidup ini dibekali dengan susunan yang cocok dengan gerak dan kebutuhan-kebutuhannya sesuai dengan kekhususan-kekhususan dan kesesuaian-kesesuaian yang diletakkan pada alam semesta. Semua ini keluar dari tangan kekuasaan yang mencipta dan mengatur dengan serapi-rapinya.

โˆš Sentuhan ketiga adalah tentang penciptaan langit yang sangat serasi dan sesuai dengan bumi dan makhluk hidup.

ูˆูŽุจูŽู†ูŽูŠู’ู†ูŽุง ููŽูˆู’ู‚ูŽูƒูู…ู’ ุณูŽุจู’ุนู‹ุง ุดูุฏูŽุงุฏู‹ุง โ— ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ุณูุฑูŽุงุฌู‹ุง ูˆูŽู‡ู‘ูŽุงุฌู‹ุง โ— ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุนู’ุตูุฑูŽุงุชู ู…ูŽุงุกู‹ ุซูŽุฌู‘ูŽุงุฌู‹ุง โ— ู„ูู†ูุฎู’ุฑูุฌูŽ ุจูู‡ู ุญูŽุจู‘ู‹ุง ูˆูŽู†ูŽุจูŽุงุชู‹ุง โ— ูˆูŽุฌูŽู†ู‘ูŽุงุชู ุฃูŽู„ู’ููŽุงูู‹ุง โ—

“dan Kami bina di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh, dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari), dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah, supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan, dan kebun-kebun yang lebat? (QS. An-Nabaโ€™ : 12-16).

Tujuh buah yang kokoh yang dibangun Allah diatas bumi itu adalah langit yang tujuh, yaitu petala langit sebagaimana disebutkan di tempat lain. Dan dimaksud dengan pembatasan ini hanya Allah yang mengetahuinya. Mungkin yang dimaksud adalah tujuh gugusan bintang, yang setiap satu gugusannya bisa mencapai ratusan juta bintang. Ketujuh gugusan inilah yang mempunyai hubungan dengan bumi tata surya kita. Mungkin yang dimaksudkan bukan ini dan bukan itu. Allah Maha Mengetahui apa yang ada dalam susunan alam semesta ini, sedangkan yang diketahui oleh manusia hanya sedikit.

Wallahu’Alam

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ

=============================
๐Ÿ‘ณ๐Ÿปโ€โ™‚Konsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)
๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•
๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019
๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)
๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>