Tahajjud Amalan Sunnah, Tapi Teramat Agung

๐Ÿ„๐ŸMUHASABAH CINTA๐Ÿ๐Ÿ„

Hari/Tgl. : Senin 29 Juni 2020
09 Dzulqaidah 1441 H
No. : 1432/MC/KOM/VI/2020
Materi : Muhasabah Cinta
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========โ˜†โ˜†โ˜†โ˜†===========
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚

๐Ÿƒ Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

๐Ÿ”ฐ Tahajjud Amalan Sunnah, Tapi Teramat Agung

โ—†โ—‡ Para salafus shaleh memandang ibadah malam itu, walau hukumnya sunnah muakadah, tapi bagi mereka sudah menjadi keharusan, kewajiban yang sangat mengasyikkan. Sehingga kalau suatu waktu tidak mengerjakannya, entah alasan syarโ€™i atau memang tidak terbangun, maka esok harinya mereka merasa sangat sedih.

โ—†โ—‡ “Malam menjadi Surga kalbu-kalbu mereka dan siang memutuskan kemesraan mereka bersama Allah ๏ทป.” (Abd Al-Wahab Al-Syaโ€™rani)

โ—†โ—‡ Muโ€™adz bin Jabal RA misalnya. Beliau menangis tersedu saat kematian hendak menghampirinya. Dia berkata, “Aku menangis karena berpisah dengan dahaga di musim panas menyengat karena puasa, shalat tahajjud di malam-malam musim dingin, dan duduk tanpa alas bersama para ulama di halaqah dzikir.”

โ—†โ—‡ Abu Dzar Al-Ghifari salah seorang sahabat terdekat dengan Nabi ๏ทบ, yang hidupnya miskin, tidurnya kebanyakan di masjid. Karena dekat dengan Rasulullah ๏ทบ, maka ia mudah bertanya dan banyak mendapat petuah-petuah berharga dari utusan Allah itu. Petuah-petuah itu kemudian disampaikan Abu Dzar kepada para sahabat. Ketika Nabi ๏ทบ akan wafat, Beliau ๏ทบ berwasiat kepada Abu Dzar, antara lain, “Wahai Abu Dzar peliharalah shalat malam itu, karena shalat malam akan menghilangkan kesepian, kesunyian di dalam kubur.”

โ—†โ—‡ Dengan istiqamah tahajjud, In syaa Allah akan menjadikan kuburan menjadi salah satu diantara taman-taman Surga. Rasulullah ๏ทบ bersabda, “Kuburan adalah tempat persinggahan pertama di akhirat. Jika seseorang selamat darinya maka apa-apa yang terjadi setelahnya adalah lebih ringan darinya, namun jika dia tidak selamat di alam kubur maka apa-apa yang terjadi setelah itu lebih berat darinya.” (Dari Usman bin Affan RA dalam Az-Zuhud).

โ—†โ—‡ Salah satu nasehat dalam Taurat, “Barangsiapa ingin di kuburnya nanti mendapat kenyamanan, maka hendaknya ia mau ditengah malam untuk melakukan shalat sunnah meskipun hanya satu rakaat.”

โ—†โ—‡ Ibnu Abbas RA, kerabat Nabi ๏ทบ yang didoakan Nabi ๏ทบ sehingga menjadi ilmuan dan ahli Tafsir yang termasyhur berkata, “Barangsiapa shalat di malam hari 2 rakaat, maka ia dianggap menghabiskan malamnya dalam bersujud dan berdiri kepada Allah.” (Kitab Al-Lathaโ€™if oleh Ibnu Rajab).

โ—†โ—‡ Allah ๏ทป memuji hamba-hamba-Nya yang bertahajjud.

ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุจููŠู’ุชููˆู’ู†ูŽ ู„ูุฑูŽุจู‘ูู‡ูู…ู’ ุณูุฌู‘ูŽุฏู‹ุง ูˆู‘ูŽู‚ููŠูŽุงู…ู‹ุง

“Dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” (QS. Al-Furqan : 64)

โ—†โ—‡ Imam Al-Mubarakfuri menjelaskan, “Allah menegaskan dalam ayat ini tentang puncak keikhlasan mereka dalam beribadah.”

โ—†โ—‡ Allah ๏ทป mewahyukan kepada Nabi Dawud AS, “Wahai Dawud, orang yang menyatakan cinta kepada-Ku tetapi selalu terlelap dalam tidurnya dan tidak pernah shalat malam adalah pembohong besar.”

โ—†โ—‡ Al-Junaid, ulama besar di zamannya. Ketika wafat, ada seorang sahabatnya bermimpi ketemu beliau. Ditanya “Apa yang diperlakukan Allah kepadamu?” Jawabnya “Telah hancur tulang belulangku, telah lenyap ilmuku. Semuanya tidak bisa membantu, kecuali hanya beberapa rakaat yang aku lakukan diwaktu malam.”

โ—โ€ข Wallahua’lam

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚
==========โ˜†โ˜†โ˜†============

โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

๐Ÿ“ฒ Cinta Hafidz โ€“ No.Rek :3350010324
๐Ÿ“ฑCinta Yatim โ€“ No.Rek : 3350010325
๐Ÿ’ป Peningkatan Ekonomi Duafa โ€“ No.Rek :3350010326
๐Ÿ“ฎCinta Masjid โ€“ No.Rek 3350010327
๐Ÿ“ฆ Sosial Kemanusiaan โ€“ No.Rek : 3350010328
โ˜Ž Syiar Dakwah โ€“ No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>