Tahajjud Panggilan dari Langit

๐Ÿ„๐ŸMUHASABAH CINTA๐Ÿ๐Ÿ„

Hari/Tgl. : Senin, 01 Juni 2020
09 Syawal 1441 H
No. : 1424/MC/KOM/VI/2020
Materi : Muhasabah Cinta
Tujuan : KUTUBer & Umum
=========โ˜†โ˜†โ˜†โ˜†===========
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚

๐Ÿƒ Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

๐Ÿ”ฐ Tahajjud Panggilan dari Langit

โ—†โ—‡ Sayyid Quthub menulis โ€œSurat Al-Muzammil adalah sebuah seruan Allah dari langit. Adalah suara Dzat Yang Agung, Maha Tinggi agar umat Muhammad ๏ทบ mengerahkan segala kekuatan jiwanya untuk melaksanakan panggilan ibadah malam tersebut. Bangunlah segera untuk beribadah, karena waktu tidur telah cukup. Laksanakanlah dengan sungguh-sungguh perintah Allah dan patuhilah sekuat tenaga.โ€œ (Tafsir Zilalil Quran).

โ—†โ—‡ Dalam bagian lain Ia menulis, intinya, โ€œKetika Nabi ๏ทบ mendengar kabar beliau akan dibunuh, maka secara manusiawi Rasul ๏ทบ merasa sedih dan berbaring. Lalu ketika itu turun Jibril menyampaikan surah Al-Muzammil 1-19.โ€œ

โ—†โ—‡ Saโ€™ad bin Hisaym bin Amir berkata kepada Aisyah Radhiyallahu ‘Anha โ€œSampaikan kepadaku tentang ibadah malam Rasulullah.โ€œ Ujar Aisyah Radhiyallahu Anha, โ€œApa engkau belum membaca ayat โ€˜Ya ayyuhal Muzammil?โ€ Aisyah ra melanjutkan, โ€œAllah ๏ทป telah mewajibkan qiyamul lail pada awal surat ini. Nabi ๏ทบ mengerjakan selama satu tahun. Allah ๏ทป menahan penutup surat ini selama 12 bulan. Selama masa itu akhir surat ini tetap berada di langit hingga diturunkan sebagai keringanan dari Allah ๏ทป. Maka hukumnya berubah dari fardhu menjadi sunnah.โ€œ (HR. Muslim).

โ—†โ—‡ Allah ๏ทป berfirman dalam surah At-Thur 49

ูˆูŽู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ููŽุณูŽุจู‘ูุญู’ู‡ู ูˆูŽุฅูุฏู’ุจูŽุงุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูุฌููˆู…ู

โ€œdan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).” (QS. At-Tur Ayat 49).

โ—†โ—‡ Ujar Jamaluddin Al-Qasimy, ini bermaksud agar kita selalu ingat dan bangun malam mentaqarrubkan diri kepada Allah melalui shalat malam dan membaca Al-Quran. Lama setelah Nabi ๏ทบ wafat, Abdullah bin Umar bertanya ke Aisyah Radhiyallahu ‘Anha โ€œApa kesan yang paling mempesona dari semua yang pernah engkau saksikan pada Rasulullah?โ€ Lama Aisyah menjawab. Dengan linangan air matanya ia menjawab, โ€œKaana kullu โ€˜amrihi โ€˜ajabaโ€œ (Semua perilakunya menakjubkan bagiku). Lalu Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bercerita tentang Nabi ๏ทบ minta izin untuk tahajjud dan sikap Nabi ๏ทบ terhadapnya ketika ia tertidur yang kepalanya diangkat ke pahanya, dengan penuh kasih sayang, Subhanallah.

โ—†โ—‡ Shalahuddin Al-Ayyubi tidak mengikut sertakan anggota prajuritnya yang tidak tahajjud dalam pertempuran. Alasannya โ€œIa bisa merupakan hijab atau penghalang datangnya pertolongan dari Allah.โ€œ Heraklius, kaisar Romawi ketika menyaksikan pasukannya kocar kacir dihalau oleh pasukan Muslimin yang jumlahnya lebih sedikit, bertanya kepada pasukannya โ€œApa yang menyebabkan mereka bisa memenangi pertempuran.โ€œ Seorang pembesar Romawi berkata, โ€œKarena mereka itu senantiasa melakukan ibadah di malam hari dan berpuasa di siang hari, sehingga Tuhan mereka membantu mereka.โ€œ

โ—†โ—‡ Ketika kita mulai shalat tahajjud maka ribuan malaikat menyaksikan, mengikuti kita, mengaminkan doa kita, mencium mulut kita. Karena itu disunnahkan untuk menggosok gigi, memakai harum haruman. Dari Ali bin Abi Thalib, Rasul ๏ทบ bersabda โ€œApabila seorang hamba menggosok gigi kemudian mengerjakan shalat, maka malaikat akan ikut shalat di belakangnya. Malaikat menyimak bacaannya, kemudian mendekatinya hingga meletakkan mulutnya di mulut orang itu. Setiap ayat Al-Quran yang keluar dari mulut orang itu masuk ke mulut malaikat. Oleh karena itu bersihkanlah mulut kalian ketika membaca Al-Quran.” (HR. Al-Bazar).

โ—โ€ข Wallahua’lam.

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚
==========โ˜†โ˜†โ˜†============

โ•โ๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐโ โ•

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

๐Ÿ“ฒ Cinta Hafidz โ€“ No.Rek :3350010324
๐Ÿ“ฑCinta Yatim โ€“ No.Rek : 3350010325
๐Ÿ’ป Peningkatan Ekonomi Duafa โ€“ No.Rek :3350010326
๐Ÿ“ฎCinta Masjid โ€“ No.Rek 3350010327
๐Ÿ“ฆ Sosial Kemanusiaan โ€“ No.Rek : 3350010328
โ˜Ž Syiar Dakwah โ€“ No.Rek : 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/6285749376876 (Bendahara KUTUB)

โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โโโ•โ
โœŠ๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>